Saat Lorenzo Bilang Crutchlow 'Hobi' Jatuh, Cocok Jadi Test Rider

Kris Fathoni W - Sport
Selasa, 24 Nov 2020 18:11 WIB
MONTMELO, SPAIN - JUNE 13:  Jorge Lorenzo (R) of Spain and Yamaha Factory Racing speaks with Cal Crutchlow of Great Britain and Monster Yamaha Tech 3 during the press conference pre-event during the MotoGp Of Catalunya - Previews at Circuit de Catalunya on June 13, 2013 in Montmelo, Spain.  (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Ilustrasi Cal Crutchlow dan Jorge Lorenzo semasa masih aktif di lintasan medio 2013. (Foto: Mirco Lazzari gp / Getty Images)
Jakarta -

Berakhirnya MotoGP 2020 sekaligus menyisipkan drama yang melibatkan Jorge Lorenzo dengan Cal Crutchlow, pengganti dirinya sebagai test rider Yamaha pada musim depan.

Jelang MotoGP 2020 bergulir, tepatnya di bulan Januari 2020 lalu, Lorenzo didaulat jadi test rider untuk Monster Energy Yamaha. Tapi seiring perjalanan waktu, Yamaha tampaknya kurang puas dengan kontribusinya.

Hal itulah yang kemudian membuat Cal Crutchlow ditunjuk sebagai pengganti. Ia akan melakoni peran test rider buat Yamaha sepanjang musim MotoGP 2021 depan. Lorenzo lantas kurang terima.

Salah satu cibiran yang dilontarkan Lorenzo adalah bahwa menggantikan dirinya dengan Cal Crutchlow bagaikan menukar emas dengan perunggu. Itu tampaknya merujuk pada fakta bahwa Crutchlow cuma punya tiga kemenangan sepanjang karier di MotoGP, alih-alih prestasi Jorge Lorenzo yang jauh lebih mentereng dengan tiga titel juara dunia kali kelas primer.

Pernyataan Jorge Lorenzo itu lantas disampaikan ke Cal Crutchlow. Ia membalas bahwa kehebatan Lorenzo dalam meraih lima gelar juara dunia, tiga di MotoGP dan dua di 250cc, tidak lantas membuatnya jadi test rider yang mumpuni.

Nah, Jorge Lorenzo kemudian ditanyai lagi mengenai komentar Crutchlow tersebut, dalam sesi tanya jawab di Intagram. Berikut respons Lorenzo, seperti dilansir Speedcafe.

"Mengatakan bahwa aku bukanlah penguji yang baik adalah seperti bilang Bumi itu kotak," tulisnya.

"Para teknisi dan rider yang berbagi garasi denganku di Yamaha dan Ducati tahu seberapa bagus diriku dalam pengembangan motor dan membantu mereka membuatnya jadi lebih cepat. Jika bicara angka, faktanya adalah setelah aku meninggalkan kedua tim, jumlah kemenangannya pun menurun," ucapnya.

Di sinilah Jorge Lorenzo kemudian memberikan cibiran lanjutan buat Cal Crutchlow dengan menyebutnya lebih sering jatuh ketimbang meraih kemenangan.

"Soal Cal, ia merupakan salah satu rider dengan jumlah kemenangan lebih sedikit dibandingkan dengan jumlah crash-nya dalam 10 tahun terakhir. Aku pikir ia akan jadi penguji yang bagus. Untuk menguji seberapa kerasnya motor."

Sebagai penegasan pernyataan tersebut, Jorge Lorenzo juga menyertakan sebuah gambar Cal Crutchlow terjatuh dari motor pabrikan Ducati.

(krs/cas)