detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Rabu, 30 Des 2020 18:11 WIB

Apa Rossi Bisa Menang Lagi di Petronas SRT? Checa Bilang Begini

Okdwitya Karina Sari - detikSport
VALENCIA, SPAIN - NOVEMBER 13: Valentino Rossi of Italy and Monster Energy Yamaha MotoGP Team prepares to start in box during the free practice for the MotoGP of Comunitat Valenciana at Comunitat Valenciana Ricardo Tormo Circuit on November 13, 2020 in Valencia, Spain. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images) Carlos Checa pesimistis Valentino Rossi bisa menang lagi di Petronas SRT. (Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp)
Jakarta -

Eks pebalap MotoGP Carlos Cecha yakin kepindahan ke Petronas SRT bagus untuk Valentino Rossi. Namun, menurut dia Rossi tetap akan sulit memenangi balapan lagi.

The Doctor akan balapan untuk tim satelit Yamaha, Petronas SRT, pada MotoGP 2021. Rossi mengucapkan selamat tinggal kepada pabrikan Jepang itu setelah berkerja sama selama delapan musim terakhir.

Tidak bisa dipungkiri, Rossi sulit kompetitif sejak empat musim terakhir. Juara dunia sembilan kali tersebut cuma sekali menang, yang dicapai di Assen, Belanda pada 2017 dan 13 kali finis di tiga besar.

Musim 2020 menandai hasil terburuk dalam karier Valentino Rossi dalam sejarah kejuaraan ini. Rossi finis kelima belas dengan torehan satu podium saja dan lima kali retired. Rider asal Tavullia itu semakin kesulitan karena terpaksa absen di sejumlah balapan akibat terinfeksi virus corona.

Padahal, MotoGP 2020 seharusnya menjadi kesempatan bagi Rossi untuk memenangi gelar juara kesepuluh atau setidaknya kembali ke papan atas lagi. Menyusul absennya Marc Marquez akibat kecelakaan sedari balapan pertama.

Checa pernah bersaing dengan Rossi di antara tahun 1996-2010. Checa yakin Rossi sendiri sadar bahwa dia akan sulit menang lagi.

"Kepindahan ke Petronas, saya pikir, Valentino bisa menjadi lebih baik karena itu akan mengikis tekanan terhadap dia. Musim ini dia sudah membuat sejumlah kesalahan dan saya pikir dia akan mencoba memperbaikinya," kata Checa kepada Motosan.

"Dorongan untuk menang atau mendapatkan hasil yang bagus itulah yang bikin dia membuat kesalahan. Dan kesialan karena COVID memaksa dia absen di beberapa balapan dan itulah yang menandai musim Valentino. Terkait hal itu, ini adalah musim di mana dia seharusnya bisa bertarung untuk gelar juara."

"Menurut saya, ini akan sangat melukai dia karena dia tahu ini adalah kesempatan yang sangat bagus. Valentino tahu betul bahwa akan sangat sulit bagi dia untuk menang lagi," tandas Checa.

(rin/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com