Tenang tapi Pasti: Quartararo Ungkap Strategi Juara di MotoGP Doha

Rifqi Ardita Widianto - Sport
Senin, 05 Apr 2021 04:00 WIB
DOHA, QATAR - MARCH 28:  Fabio Quartararo of France and Monster Energy Yamaha MotoGP Tea prepares to start during the MotoGP race during the MotoGP of Qatar - Race at Losail Circuit on March 28, 2021 in Doha, Qatar. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Fabio Quartararo juara MotoGP Doha. (Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp)
Jakarta -

Fabio Quartararo tak memenangi MotoGP Doha dengan mudah. Ia sempat tercecer selepas start, tapi berkat strategi matang berhasil jadi juara.

Fabio Quartararo tampil sebagai pemenang MotoGP Doha, Senin (5/4/2021) dini hari WIB. Ia mengungguli dua pebalap Pramac Ducati, Johann Zarco dan Jorge Martin.

Balapan tak dimulai dengan cukup baik oleh Quartararo. Pebalap asal Prancis itu sempat turun ke posisi tujuh selepas start bahkan melorot ke posisi sembilan di putaran 4-5.

Namun Quartararo memahami balapan berjalan panjang dan manajemen ban akan sangat penting. Ia memutuskan tak terlalu ngotot hingga separuh pertama balapan, untuk kemudian mencoba merangsek di paruh kedua.

Rencana itu tereksekusi dengan baik. Ia dengan tenang namun pasti naik posisi demi posisi, mulai dari merebut urutan tujuh di lap 12, lalu ke posisi lima di putaran 13-14, hingga akhirnya memimpin balapan di putaran 18.

Satu hal yang menarik, Quartararo mendapatkan sinyal untuk menyerang setelah melihat rekan setimnya, Maverick Vinales mulai menyodok. Dari sanalah kemenangan keempat sepanjang kariernya di MotoGP didapatkan.

"Mudah untuk dikatakan, saya belum memenangi begitu banyak balapan, tapi yang satu ini adalah kemenangan yang spesial. Rasanya saya memulai dari posisi delapan, atau tujuh (selepas start), dan saya melihat kecepatan di trek tidak terlalu berbeda dengan sesi pemanasan," ungkap Fabio Quartararo selepas balapan.

"Saya memutuskan untuk benar-benar menyimpan ban untuk tahap akhir. Dan sejujurnya ketika saya melihat Maverick menekan, saya menyadari bahwa inilah momen untuk menyerang dan mulai menyalip," imbuh rider 21 tahun ini.



Simak Video "Morbidelli Start Terdepan di MotoGP Catalunya, Rossi Ketiga"
[Gambas:Video 20detik]
(raw/pur)