Hasil Rookie MotoGP 2021: Jorge Martin Keren! Pole lalu Podium

Kris Fathoni W - Sport
Senin, 05 Apr 2021 10:47 WIB
Jakarta -

Jorge Martin secara signifikan jadi rookie MotoGP 2021 paling mentereng sementara ini. Hal itu tak lepas dari pole dan podiumnya pada MotoGP Doha 2021.

MotoGP pada musim ini memiliki beberapa rookie. Selain Jorge Martin (Pramac Racing), ada pula Luca Marini dan Enea Bastianini (Avintia Esponsorama/VR46 Ducati).

Selain ketiga nama tersebut, sebenarnya juga masih ada nama Lorenzo Savadori (Aprilia Racing Team Gresini) yang musim ini menjalani musim penuh pertamanya di MotoGP. Tapi ia bukanlah benar-benar wajah baru karena musim lalu sudah tampil dalam tiga race MotoGP 2020 untuk menggeser Bradley Smith sebagai rider pengganti Andrea Iannone.

Banner MotoGP Doha 2021

Dari nama-nama itu, Jorge Martin menjadi rookie dengan pencapaian paling mantap dari dua race MotoGP 2021 sejauh ini. Secara khusus lewat aksinya dalam seri kedua di MotoGP Doha 2021.

Kalau pada seri pembuka, MotoGP Qatar 2021, rider 23 tahun asal Madrid, Spanyol itu hanya bisa start dan finis di posisi belasan, gebrakan luar biasa ia lakukan di tempat yang sama pada seri kedua di akhir pekan lalu.

Pertama-tama, Jorge Martin berhasil merebut pole dalam sesi kualifikasi MotoGP Doha 2021. Autosport melansir, "pole Martin di Doha lahir setelah ia cuma memiliki waktu 10 hari bersama motor Ducati MotoGP-nya tahun 2021 ini menyusul pramusim yang amat terbatas."

Sensasi juara dunia Moto3 2018 itu lantas berlanjut saat race MotoGP Doha 2021, Senin (5/4) dini hari WIB. Ya, Jorge Martin memang tak kuasa mempertahankan posisi start terdepan sampai garis finis, tapi ia tetap mampu naik podium lewat finis ketiga.

Jorge Martin melintasi garis finis di belakang Johann Zarco yang jadi runner-up dan Fabio Quartararo sang pemenang. Cuma ada selisih 1,5 detik antara Jorge Martin dengan Fabio Quartararo!

Hasil itu bukan cuma membuat Jorge Martin berhasil mencatatkan podium perdana pada race keduanya di kelas primer MotoGP, tapi juga melesatkan namanya di antara para rookie lain.

Di klasemen MotoGP 2021 untuk sementara, Jorge Martin mengoleksi 17 poin lewat 16 angka pada MotoGP Doha 2021 dan satu poin lain dari MotoGP Qatar 2021. Ia berada di posisi ketujuh papan klasemen.

Posisi itu menempatkan Jorge Martin di atas para rookie MotoGP 2021 lainnya, walaupun Bastianini mengintai cukup dekat lewat hasil lebih konsisten di Losail berkat finis ke-10 dan ke-11 untuk menghasilkan 11 poin. Ia ada di posisi ke-11 klasemen MotoGP.

Berikutnya ada Luca Marini yang belum bisa meraih poin dan ada di posisi ke-17. Bahkan Savadori yang sudah punya pengalaman di MotoGP musim lalu pun belum bisa dapat poin dan malah terklasifikasi di bawah Marini karena posisi finis yang lebih buruk dari dua race MotoGP 2021 sejauh ini.

(krs/aff)