Ini Alasan Dovizioso Mau Jadi Pebalap Tes Aprilia

Adhi Prasetya - Sport
Kamis, 15 Apr 2021 10:05 WIB
Andrea Dovizioso
Dovizioso saat mengetes motor Aprilia. Foto: MotoGP
Jakarta -

Andrea Dovizioso menjadi pebalap tes Aprilia di MotoGP 2021. Ada alasan khusus mengapa ia mau mengambil peran tersebut.

Dovizioso diumumkan sebagai test rider Aprilia pada Maret lalu. Pada 12-14 April, ia memulai tugas pertamanya sebagai penguji motor RS-GP di Sirkuit Jerez, Spanyol.

Meski begitu, belum jelas apakah di tahun depan ia akan membalap bersama pabrikan Italia tersebut. Dovizioso menjelaskan bahwa pekerjaan ini diambilnya agar ia tetap 'dekat' dengan MotoGP, sembari mempersiapkan diri agar bisa kembali tampil tahun depan.

"Itu karena saya masih memiliki hasrat di MotoGP dan saya ingin kembali tampil musim depan," kata Dovizioso kepada Autosport.

"Jadi, saya pikir ini langkah cerdas untuk kembali melaju di trek, dan saya sungguh senang karena Aprilia mau memberi kemungkinan ini dengan cara yang tepat. Jadi saya senang dan ini hal positif terlepas saya akan membalap lagi atau tidak musim depan."

"Punya peluang untuk mengendarai motor MotoGP selalu menyenangkan, dan bisa melakukannya dengan cara seperti ini, dengan cara profesional, tak sekadar membalap, adalah apa yang ingin saya lakukan," kata pria 35 tahun asal Italia itu.

Mengenai tesnya, Dovizioso enggan membeberkan catatan waktunya, sebab ia masih belum nyetel 100 persen dengan motor Aprilia. Namun rencananya, Dovizioso akan kembali turun menguji motor RS-GP pada bulan depan di Sirkuit Mugello, Italia.

Dovizioso absen di MotoGP 2021 setelah kontraknya bersama Ducati tak diperpanjang. Aprilia coba mendekatinya untuk mengisi posisi yang ditinggalkan Andrea Iannone musim ini, namun ditolak, begitu juga dengan tawaran menjadi pebalap tes di sejumlah pabrikan, salah satunya Yamaha.

(adp/rin)