detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Jumat, 16 Apr 2021 08:20 WIB

Comeback Marquez di MotoGP Portugal Begitu Berarti untuk Honda

Adhi Prasetya - detikSport
JEREZ DE LA FRONTERA, SPAIN - JULY 16: Marc Marquez of Spain and Repsol Honda Team looks on during the press conference pre-event during the MotoGP of Spain - Media Opportunity at Circuito de Jerez on July 16, 2020 in Jerez de la Frontera, Spain. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images) Marquez akan kembali membalap di MotoGP Portugal. Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp
Jakarta -

Marc Marquez akan tampil di MotoGP Portugal akhir pekan ini. Pol Espargaro berharap kehadiran rekan setimnya itu bisa membantu meningkatkan performa motor Honda untuk bersaing di musim ini.

Seperti diketahui, Honda tampil buruk di MotoGP musim lalu. Pertama kalinya sejak 1982, pabrikan Jepang itu gagal meraih satupun kemenangan dalam semusim balapan kelas primer.

Absennya Marquez diyakini berpengaruh besar terhadap hasil itu. Mengingat ia mengalami cedera lengan kanan di seri pertama dan harus absen setelahnya, maka feedback yang diharapkan dari Marquez soal pengembangan motor pun terhambat.

Hasil mengecewakan itu pun berlanjut musim ini. Dari dua seri yang sudah digelar, belum ada pebalap Honda yang naik podium, dengan catatan terbaik dibukukan Espargaro saat finis posisi delapan di MotoGP Qatar.

Stefan Bradl yang menggantikan Marquez selalu finis di luar 10 besar, sedangkan Takaaki Nakagami dan Alex Marquez dengan bendera LCR Honda malah belum membukukan poin sama sekali.

Repsol Honda resmi meluncurkan motor barunya untuk MotoGP 2021. Dua pebalapnya Marc Marquez dan Pol Espargaro hadir dalam peluncuran tersebut.Marquez dan Espargaro untuk pertama kalinya akan berduet di MotoGP Portugal. Foto: Istimewa/Repsol Honda Team

Oleh sebab itu, dengan kembalinya Marquez, pengembangan motor Honda diharapkan bisa semakin lancar. Sebab, hanya Marc sudah berada di Honda sejak 2013 dan ia yang tahu benar perubahan motor RC213V dari tahun ke tahun.

"Kembalinya Marc jelas penting bagi tim, bagi Honda untuk meningkatkan kualitas motor, untuk mengetahui bedanya, sebab Marc absen musim lalu," kata Espargaro kepada Autosport.

"Motornya sudah berubah banyak dibandingkan motor terakhir yang ia kendarai sebelum cedera, jadi akan bagus bila mendapat konfirmasi bahwa motornya sudah bagus. Saya jelas tak bisa melakukannya karena sebelumnya saya tak di sini."

"Marc adalah satu-satunya yang telah melihat pengembangan motor (Honda) selama beberapa tahun terakhir, jadi dia akan lebih memahami motornya (ketimbang yang lain). Itu akan bagus untuk kami semua, dan juga buat saya, agar bisa mengetahui lebih jauh apa yang perlu diperbaiki dari motor ini," jelas Espargaro.

Aksi Marc Marquez di MotoGP Portugal bisa disaksikan pada Minggu (18/4/2021) pukul 19.00 WIB di Trans TV ataupun live streaming di detikSport.



Simak Video "Sudah Tiba di Portugal, Bisakah Marc Marquez Langsung Menggila?"
[Gambas:Video 20detik]
(adp/ran)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com