detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Sabtu, 24 Apr 2021 10:30 WIB

Jorge Lorenzo: Yamaha Menganaktirikan Franco Morbidelli

Bayu Baskoro - detikSport
Petronas Yamaha SRT French driver Franco Morbidelli sits in the box during the third free practice session of the MotoGP race of the European Grand Prix at the Ricardo Tormo circuit in Valencia on November 7, 2020. (Photo by JOSE JORDAN / AFP) Franco Morbidelli dinilai mendapat perlakuan tak adil di Yamaha oleh Jorge Lorenzo. (Foto: AFP/JOSE JORDAN)
Jakarta -

Jorge Lorenzo berbicara mengenai situasi Franco Morbidelli di Yamaha. X-Fuera menilai FM21 tidak mendapat perlakuan yang adil dari tim Garpu Tala.

Morbidelli menjadi salah satu bintang yang menjanjikan di tim Petronas Yamaha. Pada musim lalu, rider Italia itu berhasil menjadi juara di tiga race dan mengakhiri musim dengan status runner-up.

Kala itu Morbidelli menggunakan motor Yamaha YZR-M1 keluaran tahun 2019 spek A. Meski tidak memakai motor edisi terbaru, pebalap 26 tahun itu mampu mengungguli rider-rider Yamaha lainnya.

Melihat performanya tersebut, Franco Morbidelli jelas pantas mendapat tunggangan edisi terbaru di MotoGP 2021. Namun, Yamaha tetap memberinya motor M1 2019 yang sama seperti musim lalu.

Hal yang berbeda justru diberikan kepada rekan setim anyar Morbidelli di Petronas Yamaha, Valentino Rossi. The Doctor mendapat dukungan penuh motor M1 yang sama dengan para rider tim pabrikan.

Perbedaan perlakuan yang diterima Morbidelli ketimbang para rider Yamaha lainnya mendapat kritikan dari sejumlah pihak. Salah satunya datang dari juara dunia lima kali MotoGP, Jorge Lorenzo.

Lorenzo tanpa ragu menyebut Yamaha menganaktirikan Morbidelli karena memberinya motor lama. Dia lantas membandingkan Yamaha dengan Ducati, pabrikan yang memberi seluruh ridernya di tim utama mau pun satelit dengan motor setara.

KUALA LUMPUR, MALAYSIA - FEBRUARY 06: Jorge Lorenzo of Spain and Yamaha Factory Test team speaks during the 2020 Team Yamaha Factory Racing presentation during the MotoGP Pre-Season Teams Unveiling at Sepang Circuit on February 06, 2020 in Kuala Lumpur, Malaysia. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images)Jorge Lorenzo semasa bekerja di tim Yamaha. (Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images)

"Ducati memberi empat pebalapnya dengan motor yang secara praktis sama, tapi Yamaha tidak. Saya tidak berpikir mereka memperlakukan Morbidelli dengan baik, padahal dia itu runner-up MotoGP loh," kata Jorge Lorenzo di kanal Youtube resminya, Sabtu (24/4/2021).

"Menurut saya, Franco seharusnya menuntut perlakuan yang sama dari Yamaha. Dia sudah melakukannya dengan mengancam untuk berbicara dengan pabrikan lain, atau tim lain yang menginginkannya," sambungnya.

"Sekali dia memakai helm dan mengendarai motornya, dia harus berkonsentrasi dan menunjukkan kemampuan terbaiknya. Dia mesti membuktikan ke Yamaha kalau mereka salah karena tak memberinya perlakuan yang sama," ujanya mengenai Franco Morbidelli.



Simak Video "Aksi Sandiaga Uno Jajal Mini Triatlon di Mandalika"
[Gambas:Video 20detik]
(bay/raw)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com