MotoGP Prancis: Quartararo Ragu Bisa Lama Pimpin Balapan jika Berjalan Basah

Okdwitya Karina Sari - Sport
Minggu, 16 Mei 2021 07:33 WIB
Le Mans -

Fabio Quartararo akan berharap balapan MotoGP Prancis berjalan kering. Pasalnya kalau balapan basah, Quartararo ragu bisa bertahan lama di posisi terdepan.

Pebalap tim pabrikan Yamaha itu akan memulai balapan di Sirkuit Le Mans, Minggu (16/5/2021), dari grid pertama. Menyusul sukses Quartararo memuncaki sesi kualifikasi dengan keunggulan 0,081 dari rekan setimnya Maverick Vinales.

Meski demikian, Quartararo sempat mengalami kesulitan usai hanya finis ke-19 di latihan bebas ketiga. Walaupun secara keseluruhan, rider Prancis itu menjadi pebalap tercepat kedua di sesi kombinasi berkat performa bagus di latihan kedua.

Pada musim lalu, Quartararo cuma finis kesembilan meski start dari pole di balapan MotoGP Prancis yang berjalan di atas lintasan basah. Sedangkan pada akhir pekan nanti Le Mans diprediksi akan berjalan di tengah guyuran hujan. Jika memang demikian, Quartararo tak yakin bisa lama-lama memimpin balapan meski dia ingin belajar dari pebalap lain yang lebih jago di kondisi tersebut.

"Jadi, bagiku, aku merasa sangat nyaman di pagi ini," kata Quartararo di Motorsport. "Oke, kami memang sangat jauh tapi masalahnya adalah untukku, aku menunggangi motor dengan baik. Aku tidak merasa sangat lambat tapi ketika Anda melihat posisinya, dan Anda sangat jauh itu sulit diterima."

"Tapi bagiku, mulai balapan dari posisi terdepan, kalau balapannya basah kami mesti jelas - kami tidak akan lama berada di posisi pertama, sayang sekali."

"Setelah pebalap-pebalap lain menyalip, aku ingin belajar dan melihat perbedaan apa yang dia lakukan. Ada Jack Miller di barisan depan, jadi kupikir dia itu salah satu pebalap terbaik di kondisi itu dan aku ingin melihat hal berbeda apa yang dia lakukan."

"Tapi kami akan mencoba menemukan sesuatu di sesi warm-up kalau balapannya basah dan mencoba sesuatu sih," Quartararo menambahkan usai memastikan start terdepan di MotoGP Prancis.

(rin/yna)