Joan Mir Minta Maaf karena Tak Pengalaman di Flag-to-Flag

Mohammad Resha Pratama - Sport
Senin, 17 Mei 2021 06:05 WIB
LE MANS, FRANCE - MAY 15: Joan Mir of Spain and Team Suzuki ECSTAR  heads down a straight during the MotoGP of France - Qualifying at Le Mans on May 15, 2021 in Le Mans, France. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Joan Mir tak pengalaman dalam sesi flag-to-flag di MotoGP (Getty Images/Mirco Lazzari gp)
Le Mans -

Joan Mir tak bisa menuntaskan MotoGP Prancis 2021 karena terjatuh. Pebalap Suzuki itu minta maaf karena kurang pengalaman kala cuaca berganti dengan cepat.

Joan Mir meraih hasil buruk saat sesi kualifikasi karena cuma start dari posisi ke-14 pada balapan di sirkuit Le Mans, Minggu (16/5/2021) malam WIB. Tapi, Joan Mir dengan cepat memperbaiki posisinya itu.

Selepas lap pertama, Joan Mir sudah ada di posisi kesembilan dan tampaknya akan bisa merangsek naik ke posisi teratas. Memasuki lp keempat, hujan turun dan para pebalap harus melakoni Flag-to-Flag alias mengganti motor dari ban kering ke ban basah.

Joan Mir juga melakoni hal serupa meski sayangnya cuma bertahan satu lap. Di lap kelima, Joan Mir tak bisa mengendalikan motornya dan harus terjatuh sehingga harus menuntaskan balapan lebih cepat.

Bukan awal musim yang diinginkan oleh Joan Mir tentunya sebagai juara bertahan. Sebab rival-rivalnya seperti Fabio Quartararo, Francesco Bagnaia, Jack Miller, dan Johann Zarco sudah melesat di papan atas klasemen.

Quartararo yang finis ketiga punya 80 poin di puncak, selisih 31 angka dari Joan Mir yang kini tertahan di posisi keenam. Dia cuma punya satu podium yakni finis ketiga di Portugal dan sisanya finis keempat dan ketujuh di dua balapan Qatar.

Terkait kesalahannya di balapan Prancis ini, Joan Mir minta maaf dan mengakui kalau dia memang kurang pengalaman untuk balapan Flag-to-Flag seperti ini. Oleh karenanya, pria asal Spanyol itu berjanji akan belajar banyak dari race ini.

"Dalam semusim, kadang ada balapan di mana Anda membuat kesalahan dan tidak bisa mendapatkan poin sama sekali. Jika cuma sekali maka itu sangat bagus. Tapi, tentunya hal itu tidak dalam rencana saya hari ini," ujar Joan Mir di Autosport.

"Saya ingin memberikan yang terbaik. Jujur saja saya merasa sangat tangguh di trek, saya mampu menyalip beberapa pebalap di lap pertama," sambungnya.

"Lalu, hujan turun dan ada lap itu, saya sama sekali tidak tahu apa yang terjadi. Dari saya sendiri, saya meminta maaf kepada tim karena membuat kesalahan.

"Saya tidak tahu kenapa bisa terjatuh, mungkin terlalu bersemangat atau apa gitu. Tapi saya akan belajar dari pengalaman ini ke depannya. Saya janji tidak akan mengulanginya."

Lihat juga Video: Cuaca di Le Mans Kacaukan Suzuki

[Gambas:Video 20detik]



(mrp/pur)