Dari Penalti ke Podium Tertinggi, Jack Miller Enggak Nyangka Banget!

Rifqi Ardita Widianto - Sport
Senin, 17 Mei 2021 05:05 WIB
LE MANS, FRANCE - MAY 16: Jack Miller of Australia and Ducati Lenovo Team heads down a straight  during the MotoGP race during the MotoGP of France - Race at  on May 16, 2021 in Le Mans, France. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Jack Miller menjuarai MotoGP Prancis 2021. (Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp)
Jakarta -

Kemenangan di MotoGP Prancis terasa begitu spesial buat Jack Miller. Bagaimana tidak, rider Ducati ini sempat dihukum penalti dua putaran panjang!

Jack Miller memulai balapan MotoGP Prancis di sirkuit Le Mans, Minggu (16/5/2021) malam WIB dari posisi tiga. Meski menyodok ke urutan terdepan di putaran pertama, Miller sempat tercecer dan menempati posisi lima.

Penyebabnya adalah ia sempat melebar dan masuk ke gravel saat hendak masuk pit untuk mengganti motor. MotoGP Prancis memang berjalan dalam kondisi flag to flag karena hujan yang turun.

Tak berhenti di situ, Miller lantas ketahuan melaju terlalu kencang saat memasuki pit. Ia pun dihukum penalti dua putaran panjang.

Beruntung baginya, hujan yang turun membuat selisih jarak dengan Fabio Quartararo tak terlalu jauh. Miller bisa memulihkan jarak tersebut, sementara Quartararo kesulitan dengan balapan flag to flag pertamanya.

"Ketika saya melihat (penalti) dua putaran panjang, saya tak mau mempercayainya. Saya pikir 'Enggak benar ini, apa yang sudah kuperbuat!'," kata Jack Miller kepada BT Sport, dikutip Motosportweek.

"Saya terbiasa mendapatkan denda karena mengebut di Prancis, tapi normalnya dikirim lewat surat. Tapi bisa menang seperti ini sih menakjubkan," selorohnya.

"Saya tidak menyangka bisa menang beruntun, saya sudah berhasil menggandakan total kemenangan dalam karier saya dalam dua pekan, jadi yang cukup menyenangkan. Tapi rasanya senang bisa berada di tim pabrikan ini dan melakukan ini dari pekan ke pekan, menakjubkan," imbuh pebalap asal Australia ini.

Ini adalah kemenangan kedua beruntun Miller setelah di MotoGP Spanyol lalu, sekaligus yang ketiga sepanjang kariernya di MotoGP. Ia mendapatkan kemenangan pertamanya di kelas primer pada MotoGP Belanda 2016, ketika balapan juga berlangsung dalam kondisi hujan.

Lihat juga Video "Miller: Bablas ke Gravel, Long Lap Penalty, Back-to-Back Winner":

[Gambas:Video 20detik]



(raw/mrp)