Lorenzo: Kesulitan Rossi? Karena Dia Sudah 42 Tahun!

Okdwitya Karina Sari - Sport
Jumat, 21 Mei 2021 07:30 WIB
Petronas Yamaha SRTs Italian rider Valentino Rossi  waits on the grid, prior the French MotoGP, on May 16, 2021, in Le Mans, northwestern France. -  (Photo by JEAN-FRANCOIS MONIER / AFP)
Lorenzo: Kesulitan Rossi? Karena Dia Sudah 42 Tahun! (Foto: AFP/JEAN-FRANCOIS MONIER)
Jakarta -

Eks juara dunia MotoGP Jorge Lorenzo merasa Valentino Rossi tidak sebahagia dulu. Menurut Lorenzo, kesulitan Rossi semata-mata karena dia sudah terlalu tua.

Tidak bisa dipungkiri bahwa performa Rossi menurun drastis setelah finis ketiga pada musim 2018. Semusim berikutnya, Rossi menyudahi musim ketujuh usai dua kali naik podium, kemudian membukukan hasil terburuk dalam kariernya di MotoGP usai finis ke-15 pada tahun lalu.

MotoGP 2020 turut menandai berakhirnya kerja sama Rossi dengan Yamaha, tim pabrikan yang sudah menaunginya selama 15 tahun. Tim dari Jepang itu memilih untuk menggantikan Rossi dengan pebalap yang lebih muda, Fabio Quartararo.

Valentino Rossi, yang kini membalap bersama tim satelit Petronas SRT, belum mengalami perubahan peruntungan. Rider Italia berusia 42 tahun itu baru mengoleksi sembilan poin hasil lima balapan pertama, bahkan dua kali finis di luar zona poin.

Lorenzo pernah menjadi rekan setim Rossi selama tujuh tahun di Yamaha. Juara dunia MotoGP tiga kali itu percaya, kesulitan Rossi meraih hasil bagus dipengaruhi oleh usianya yang membuat dia tak mampu bersaing dengan pebalap-pebalap yang lebih muda. Tapi Lorenzo juga salut dengan gairah balapan mantan tandemnya itu.

"Valentino di titik tertentu kehilangan kesenangan yang dia rasakan sebelumnya. Sekarang Anda melihat dia di atas grid memakai helmnya, fokus seperti pebalap lain. Sebelumnya Anda melihat dia lebih ceria, mungkin bercanda dengan tim atau pebalap lain," ungkap Lorenzo kepada Moto.it.

"Sekarang atau mungkin sudah beberapa tahun ini, dia tidak lagi bisa melakukannya karena adanya banyak rider muda yang sangat tangguh: tanpa konsentrasi total, hasil yang sudah dia peroleh sebelumnya menjadi tidak bisa dijangkau."

"Kesulitan dia? Mestinya disadari bahwa dia itu sudah 42 tahun! Anda mulai merasakannya ketika Anda berusia 30, 32, 34, apalagi 42 tahun. Aku ingin sekali melihat apakah pebalap-pebalap lain bisa seperti dia di usianya. Apa yang sedang dia lakukan itu unik seperti yang sudah kukatakan sebelumnya."

"Tapi apa yang dia lakukan di beberapa kesempatan: berjuang untuk barisan depan atau pole position... dia melakukannya karena dia itu Valentino Rossi. Dia itu istimewa. Aku ingin sekali melihat Marc Marquez, atau Miller, atau Bagnaia balapan di usia 42 tahun ..." ungkap Lorenzo.



Simak Video "Valentino Rossi Positif Corona, Yamaha Jelaskan Kronologinya"
[Gambas:Video 20detik]
(rin/krs)