Marquez Beda Mindset dengan Rossi, Akan Pensiun jika Tak Lagi Kompetitif

Okdwitya Karina Sari - Sport
Jumat, 28 Mei 2021 05:15 WIB
MotoGP - British Grand Prix - Silverstone Circuit, Silverstone, Britain - August 25, 2019  Repsol Hondas Marc Marquez and Monster Energy Yamahas Valentino Rossi in action during the race  REUTERS/David Klein
Marquez Beda dengan Rossi: Pensiun jika Tak Lagi Kompetitif. (Foto: David Klein/REUTERS)
Jakarta -

Valentino Rossi belum menentukan masa depannya. Marc Marquez mengungkapkan, dia lebih memilih pensiun ketimbang terus balapan tanpa kemenangan.

Peruntungan Rossi belum juga berubah setelah hijrah ke Petronas Yamaha SRT. Legenda hidup balap motor itu tiga kali gagal mendulang poin dalam lima balapan pertama MotoGP 2021. Hasil terbaiknya sejauh ini adalah finis kesebelas di Le Mans, Prancis.

Tidak bisa dipungkiri, performa Rossi memang semakin lama semakin menurun alias sulit kompetitif. Terbukti finis ketiga di klasemen akhir 2018, catatan terbaik Italiano berusia 42 tahun itu cuma tiga kali naik podium. Bahkan terakhir kali Rossi menang terjadi di Assen, Belanda pada 2017 alias empat tahun silam!

Sejumlah kalangan meyakini Valentino Rossi seharusnya memilih pensiun sejak beberapa tahun lalu. Namun, toh Rossi berkukuh ingin terus balapan karena masih memiliki motivasi.

Masa depan Rossi kembali menjadi pertanyaan di MotoGP 2021. Pemilik sembilan titel juara dunia tersebut mengatakan, dia akan mengambil keputusan di paruh musim ini.

Marc Marquez menghargai gairah balapan yang dipunya rivalnya itu. Akan tetapi, Marquez punya pandangan yang berbeda.

"Pendekatan dia itu mengagumkan. Setelah apa yang sudah dia lakukan, dia masih bergairah untuk terus balapan, tapi kami punya mindset (pola pikir) yang berbeda," sahut pebalap Repsol Honda itu kepada Sky Italia, sebagaimana diwartakan Motosan.

"Ketika aku tidak lagi bisa menang dan bertarung untuk meraih kemenangan, aku akan berhenti," tutur Marquez.

Marc Marquez sedang berusaha kembali ke performa terbaiknya setelah absen sangat panjang. Di musim ini, Marquez baru balapan tiga kali dengan raihan 16 poin.

Lihat juga video 'Apesnya Marquez, Crash Saat Memimpin Balapan':

[Gambas:Video 20detik]



(rin/mrp)