Cerita Alex Rins: Sepedaan Sambil Main HP, Nabrak, Patah Tulang

Kris Fathoni W - Sport
Jumat, 18 Jun 2021 21:15 WIB
DOHA, QATAR - APRIL 01:  Alex Rins of Spain and Team Suzuki ECSTAR looks on during the press conference pre-event during the MotoGP of Qatar - Previews at Losail Circuit on April 01, 2021 in Doha, Qatar. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Cerita Alex Rins: Sepedaan Sambil Main HP, Nabrak, Patah Tulang. (Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp)
Jakarta -

Terungkap sudah rincian kecelakaan Alex Rins. Ia cedera patah tulang, sampai absen di MotoGP Catalunya, akibat lalai main HP saat bersepeda.

Rins terpaksa melewatkan balapan kandangnya di sirkuit Circuit de Barcelona-Catalunya pada 6 Juni lalu lantaran harus naik meja operasi. Saat itu Alex Rins hanya disebut mengalami kecelakaan saat latihan dengan sepeda.

Menjelang MotoGP Jerman 2021 akhir pekan ini rider itu, yang sebelum MotoGP Catalunya juga apes mengalami crash beruntun, mengungkap lebih jauh soal insiden kecelakaan tersebut. Ia mengaku dirinya-lah yang salah.

Saat itu, kata Alex Rins, dirinya sedang bersepeda dan kemudian main HP. Maksudnya, sih, mengirim sebuah 'pesan penting' tapi nahas karena ia malah menabrak sebuah mobil van. Ia pun menyebut kejadian ini mesti jadi pelajaran penting buat siapa saja.

"Yah, sudah pasti, begitulah kenyataannya. Aku menabrak karena mengirim sebuah pesan penting," katanya seperti dilansir Visordown.

"Kita semua, termasuk diriku, sudah pasti tidak boleh main-main HP, apalagi saat berkendara. Karena kita lazim pegang-pegang HP untuk melihat jam, mengirim pesan. Padahal kalau Anda memerhatikan ponsel, Anda jadi tak fokus ke mobil lain atau ke jalanan."

"Sudah pasti itu sakit. (Tapi) aku lebih baik menabrak van daripada menabrak orang. Bayangkan kalau di sana tak ada van itu dan aku menabrak orang? Bisa lebih buruk. Jadi ini contoh nyata (bahayanya main HP)."

Rins, yang setelah menabrak masih bisa menaiki kembali sepedanya, juga mengaku awalnya tidak menyadari adanya patah tulang di bagian lengan kanannya. Setelah memeriksakan diri ke rumah sakit, barulah ia tahu telah mengalami cedera yang lebih serius.

"Usai menabrak van itu, aku berdiri lagi dan ada seseorang yang memberiku sebotol air mineral. Aku membersihkan kaki dari darah. Saat itu kondisi lenganku tampak baik-baik saja."

Usai dioperasi, Alex Rins sudah dinyatakan fit untuk kembali membalap di MotoGP Jerman 2021 pada akhir pekan. Sejauh ini ia baru mengoleksi 23 poin di MotoGP 2021.

(krs/raw)