Quartararo Coba Main Cerdas di Assen

Mohammad Resha Pratama - Sport
Minggu, 27 Jun 2021 07:15 WIB
ASSEN, NETHERLANDS - JUNE 26: Fabio Quartararo of France and Monster Energy Yamaha MotoGP Team  heads down a straight during the MotoGP of Netherlands - Qualifying at TT Circuit Assen on June 26, 2021 in Assen, Netherlands. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Fabio Quartararo siap geber lagi di MotoGP Belanda 2021 (Getty Images/Mirco Lazzari gp)
Assen -

Fabio Quartararo tahu Maverick Vinales akan jadi pesaing kuatnya di MotoGP Belanda 2021. Maka itu, Quartararo akan main cerdas saat balapan.

Vinales bersama motor Yamaha-nya memang begitu dominan sedari hari pertama MotoGP Belanda. Vinales menyapu bersih tiga sesi latihan bebas.

Hal itu dia lanjutkan lagi pada sesi kualifikasi di sirkuit TT Assen, Sabtu (26/6/2021) malam WIB. Vinales mencatatkan waktu tercepat 1 menit 31,814 detik, sementara Quartararo harus puas di posisi kedua.

Meski demikian, selisih waktunya memang tidak begitu jauh yakni cuma 0,071 detik. Ini tentu jarak yang bisa dipangkas dalam balapan MotoGP Belanda yang berlangsung selama 31 lap.

Dengan durasi balapan yang panjang, Quartararo pede saja untuk bersaing dengan rekan setimnya tersebut. Tapi, pebalap asal Prancis itu akan coba bermain cerdas di MotoGP Belanda 2021 mengingat dia tahu kualitas Vinales.

Apalagi terbuka kemungkinan juga Quartararo bakal gagal seperti saat di MotoGP Spanyol di Jerez beberapa waktu lalu. Menguasai balapan sedari awal, Quartararo malah finis di luar 10 besar karena masalah motor.

"Saya rasa untuk menghadapi Maverick, kami harus bermain cerdas. Memang benar di atas kertas, motor kami sangat cepat," ujar Quartararo seperti dikutip Autosport.

"Jadi, menurut saya jika kami ingin mendapatkan sesuatu di sini, maka kami harus bermain cerdas sedari lap pertama dan kita lihat akhirnya seperti apa," sambungnya.
'
"Tapi, itu semua tergantung kondisi di lintasan. Saya merasa bersemangat untuk meraih kemenangan. Bukan karena rival-rival saya berada di belakang dan saya juga tetap harus waspada."

"Bagi saya ini masih awal musim dan bahkan belum masuk pertengahan. Jadi saya akan terus berupaya meraih kemenangan," tutup dia.

Fabio Quartararo kini memuncaki klasemen MotoGP 2021 dengan 131 poin, unggul 22 angka dari Johann Zarco di urutan kedua.

(mrp/bay)