MotoGP Belanda 2021: Quartararo Tercepat, Yamaha Finis 1-2

Lucas Aditya - Sport
Minggu, 27 Jun 2021 20:00 WIB
French rider Fabio Quartararo competes during a qualifying session ahead the Italian Moto GP Grand Prix at the Mugello race track in Scarperia e San Piero on May 29, 2021. (Photo by Tiziana FABI / AFP)
MotoGP Belanda 2021: Fabio Quartararo raih kemenangan keempat. (Foto: AFP/Tiziana Fabi)
Assen -

Yamaha perkasa di MotoGP Belanda 2021. Fabio Quartararo menjadi rider tercepat yang menyentuh garis finis, tim Garpu Tala finis 1-2 di Assen.

Dalam balapan di sirkuit Assen, Minggu (27/6/2021) malam WIB, Quartararo menjadi pemenang setelah melahap 26 lap dengan catatan waktu 40 menit 35,031 detik. Dia disusul oleh Maverick Vinales yang finis 2,757 detik lebih lambat dari rider 22 tahun itu.

Melengkapi posisi podium ada rider Suzuki, Joan Mir. berturut-turut menempati posisi 4-5 ada Miguel Oliveira dan Francesco Bagnaia.

Ini merupakan kemenangan pertama Quartararo di Assen. Sebelumnya, Quartararo meraih posisi ketiga pada balapan MotoGP Belanda 2019.

Dengan kemenangan ini, Quartararo sudah mengoleksi empat kemenangan di MotoGP 2021. Dia kian kukuh di klasemen MotoGP 2021 dengan catatan 156 poin.

Jalannya Balapan

Quatararo bisa melakukan start bagus. Dia bertarung sengit dengan Bagnaia. Sebelum lap pertama selesai, Bagnaia merebut posisi pertama.

Alex Rins dan Johann Zarco terlibat senggolan di tikungan 10. Rins sampai harus melebar hingga kehilangan posisi.

Rider Honda, Marc Marquez, sudah menyodok di posisi ke-10 saat balapan menyisakan 23 lap. Dia start dari posisi ke-20.

Quartararo menyalip Bagnaia lagi! Momen itu terjadi saat di salah satu tikungan pada lap keempat. Posisi terdepan tak dinikmati rider Prancis itu lama-lama, Bagnaia kembali terdepan saat balapan tersisa 21 lap.

Pertarungan seru Quartararo-Bagnaia terjadi di sektor terakhir lap kelima. Quartararo kembali menyalip Bagnaia.

Quartararo mulai menjauh di lap ketujuh. Marginnya dengan Bagnaia sampai 0,848.

Valentino Rossi mengalami crash di tikungan ketujuh. Motornya mengalami kerusakan parah, tak bisa melanjutkan balapan saat race menyisakan 19 lap.

Jack Miller juga tumbang! Dia terjatuh saat balapan menyisakan 12 putaran lagi.

Quartararo sudah tak terkejar lagi hingga balapan selesai. Yamaha memastikan diri finis 1-2 dengan Vinales membuntuti Quartraro.



Simak Video "Marc Marquez di MotoGP Belanda: Start Ke-20, Finis Ketujuh"
[Gambas:Video 20detik]
(cas/nds)