Rossi Crash di MotoGP Belanda karena...

Okdwitya Karina Sari - Sport
Senin, 28 Jun 2021 07:05 WIB
Yamaha rider Valentino Rossi of Italy competes during the MotoGP race at the Dutch Grand Prix in Assen, northern Netherlands, Sunday, June 27, 2021. (AP Photo/Peter Dejong)
Valentino Rossi ungkap penyebab dia jatuh di MotoGP Belanda 2021. (Foto: AP/Peter Dejong)
Assen -

Valentino Rossi untuk ketiga kalinya gagal finis di musim 2021 usai jatuh di MotoGP Belanda. Rossi mengungkapkan penyebab kecelakaan yang dialaminya itu.

Pebalap Petronas Yamaha SRT itu memulai dari grid ke-12 pada balapan di Sirkuit Assen, Minggu (27/6/2021). Namun, Rossi tidak menciptakan start bagus sehingga tertinggal di rombongan belakang.

Rossi naik ke posisi 17 di putaran keenam namun setelahnya jatuh di tikungan ketujuh. Pebalap berusia 42 tahun itu tergelincir lalu motornya terpelanting dan hancur. Kondisi Rossi baik-baik saja tapi dia tidak bisa melanjutkan balapan.


Insiden ini praktis memperburuk hasil Valentino Rossi di MotoGP 2021. Rossi baru mengumpulkan 17 poin dari sembilan balapan dan lima kali gagal mendulang angka di mana tiga di antaranya retired yang sebelumnya terjadi di Portimao dan Jerez.

Rossi mengaku kehilangan kendali bagian depan motornya sehingga crash. "Sungguh disayangkan karena kecepatan kami tidak terlalu buruk," kata dia dilansir Bikesportnews. "Aku memiliki potensi yang cukup bagus jadi kami berekspektasi menjalani sebuah balapan yang lumayan, tapi sayang sekali, startku buruk."


"Kami mengubah sesuatu untuk start dan aku harus mengubah caraku untuk start. Jadi aku tidak merasa nyaman, dan seperti di Sachsenring, aku melakukan start yang buruk."

"Setelahnya, aku tertinggal jauh di belakang dan aku mencoba melakukan beberapa kali overtaking. Aku mencoba tapi aku tetap di belakang para pebalap lain. Sayangnya, saat itu ban depan bermasalah dan Anda merasakan sedikit kurang cengkeraman."

"Aku bisa menyalip Bastianini dan aku berusaha mendesak tapi sayang sekali aku kehilangan bagian depan motor di tikungan tujuh. Kami sudah memeriksa datanya dan kami tidak terlalu memahaminya. Bagaimanapun, aku senang karena itu hanya tergelincir saja meski dalam kecepatan tinggi dan aku baik-baik saja. Jadi ini yang penting," Valentino Rossi menambahkan.



Simak Video "Valentino Rossi Positif Corona, Yamaha Jelaskan Kronologinya"
[Gambas:Video 20detik]
(rin/yna)