MotoGP Thailand 2021 Dibatalkan!

Mohammad Resha Pratama - Sport
Rabu, 21 Jul 2021 16:43 WIB
BANGKOK, THAILAND - OCTOBER 06: The MotoGP riders start from the grid during the MotoGP race during the MotoGP race during the MotoGP of Thailand - Race on October 06, 2019 in Bangkok, Thailand. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images)
MotoGP Thailand 2021 dibatalkan (Getty Images/Mirco Lazzari gp)
Buriram -

Bertambah satu lagi seri MotoGP 2021 yang dibatalkan karena pandemi virus corona. Kini giliran MotoGP Thailand 2021.

Thailand tadinya masih ada dalam jadwal, yakni pada 17 Oktober, sepekan sebelum MotoGP Malaysia dan dua pekan setelah MotoGP Amerika Serikat. Chang International Circuit di Buriram adalah venue-nya.

Tapi, angka kasus penularan virus corona yang lagi tinggi-tingginya dalam dua bulan terakhir di Asia Tenggara berimbas kepada Thailand. Pemerintah negara setempat sedang memberlakukan lockdown dan larangan bagi pendatang.

Mau tak mau Federasi Motor Internasional (FIM), Dorna Sports, dan IRTA memutuskan MotoGP Thailand 2021 dibatalkan saja. Ini artinya sudah dua tahun beruntun tidak ada balapan di sana.

"FIM, IRTA, dan Dorna Sports dengan menyesal membatalkan Thailand Grand Prix yang seharusnya dihelat pada 15 hingga 17 Oktober di Chang Internasional Circuit. Terlepas dari usaha yang sudah dilakukan banyak pihak, pandemi Covid-19 membuat adanya larangan terbang ke sana sehingga event harus dibatalkan," ujar pernyataan resmi MotoGP.

"FIM MotoGP tak sabar untuk segera menggelar balapan lagi di depan penonton Buriram yang luar biasa pada 2022."

MotoGP Thailand kemungkinan baru bisa kembali pada 2022 jika kondisinya sudah memungkinkan. Untuk seri pengganti, pihak Dorna masih akan membahas dan mencari opsi terbaik yang akan diumumkan sesegera mungkin.

MotoGP 2021 saat ini sedang libur musim panas setelah menggelar sembilan seri, terakhir di Assen, Belanda, 27 Juni. Pemuncak klasemen MotoGP adalah rider Yamaha Fabio Quartararo dengan 156 poin, unggul 34 poin atas Johann Zarco di posisi kedua.

Balapan selanjutnya akan dihelat secara double-header di Styria (8 Agustus) dan Austria (15 Agustus). Satu-satunya seri MotoGP di Asia Tenggara yang belum batal adalah Malaysia.

Lihat juga video 'Separuh Musim MotoGP 2021: Bagnaia 3 Kali Podium, Tak Finis Sekali':

[Gambas:Video 20detik]



(mrp/aff)