Pensiun dari MotoGP, Rossi Bakal Banting Stir ke Balap Mobil?

Putra Rusdi K - Sport
Kamis, 05 Agu 2021 23:00 WIB
Spileberg -

Valentino Rossi memutuskan pensiun dari MotoGP akhir musim nanti. The Doctor disebut bakal banting stir ajang balap mobil usai tak lagi membalap di MotoGP.

Rossi mengumumkan pensiun dari MotoGP pada akhir musim ini, Kamis (5/8/2021). Pebalap 42 tahun ini mengakhiri perjalanan kariernya selama 26 tahun di ajang balap motor.

Pria asal Italia ini memulai balapan di MotoGP pada 1996 bersama Aprillia di kelas 125cc. Ia kemudian menjelma menjadi salah satu pebalap paling sukses di ajang ini.

Valentino Rossi berhasil sembilan kali meraih juara dunia selama membalap di berbagai kelas MotoGP. Ia sekali menjadi juara di kelas 125cc dan 250cc serta tujuh kali juara di kelas paling bergengsi yaitu 500cc dan MotoGP.

Spekulasi terkait masa depan Rossi usai pensiun kini mulai menyeruak. The Doctor diprediksi bakal banting stir ke ajang balap mobil.

MELBOURNE - MARCH 07:  Valentino Rossi of Italy and Yamaha inspects the 2004 Ferrari at the 2004 Australian Grand Prix, on March 7th, 2004 at the Albert Park Circuit in Melbourne, Australia. (Photo by Clive Rose/Getty Images)MELBOURNE - MARCH 07: Valentino Rossi of Italy and Yamaha inspects the 2004 Ferrari at the 2004 Australian Grand Prix, on March 7th, 2004 at the Albert Park Circuit in Melbourne, Australia. (Photo by Clive Rose/Getty Images) Foto: Clive Rose/Getty Images

Ini tak lepas karena Rossi sempat beberapa kali membalap di ajang balap roda empat saat masih berstatus sebagai pebalap MotoGP. Ia pernah mengikuti Kejauaran Dunia Reli (WRC), melakukan tes drive mobil Formula 1 (F1) milik Ferrari, serta membalap di ajang Le Mans 24 hours.

Rossi tak membantah bahwa dirinya sangat tertarik berkompetisi di ajang balap mobil. Meski demikian, ia belum tahu pasti bakal fokus ke depannya bakal membalap di ajang balap mobil apa.

Rossi menegaskan tengah berusaha meningkatkan kemampuannya menguasai balapan roda empat. Rossi berhasrat untuk tetap berprestasi jika nantinya pindah haluan ke balap mobil.

"Saya selalu berusaha meningkatkan kemampuan di balap mobil agar siap untuk sepenuhnya berpindah ajang itu. Namun, saya tidak tahu berada di level seperti apa saya sekarang," ujar Valentino Rossi dikutip dari GPOne

"Saya tahu saya tidak akan melakukan hal ini hanya untuk bersenang-senang, tapi saya akan tetap mencoba untuk menang."

"Saya belum tahu dimana saya akan membalap, mungkin Le Mans. Ada banyak kategori, saya rasa itu akan menyenangkan," jelasnya.

(pur/rin)