ADVERTISEMENT

Rossi Pensiun, Marquez: MotoGP Kehilangan Bagian Terbesarnya

Novitasari Dewi Salusi - Sport
Sabtu, 07 Agu 2021 07:45 WIB
JEREZ DE LA FRONTERA, SPAIN - MAY 02: Valentino Rossi of Italy and Yamaha Factory Racing (R) speaks and Marc Marquez of Spain and Repsol Honda Team looks on during a press conference prior to the MotoGp of Spain at Circuito de Jerez on May 02, 2019 in Jerez de la Frontera, Spain. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Marc Marquez menyebut MotoGP kehilangan bagian terbesarnya menyusul pensiunnya Valentino Rossi (Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Spielberg -

Marc Marquez sempat berpikir Valentino Rossi akan lanjut balapan di MotoGP. Soal pensiunnya Rossi, Marquez menyebut MotoGP kehilangan bagian terbesarnya.

Rossi mengumumkan keputusannya untuk pensiun dari MotoGP pada Kamis (5/8/2021) malam WIB. Rider tim Petronas Yamaha itu akan berhenti balapan usai musim 2021 ini berakhir.

Keputusan tersebut sekaligus mengakhiri kiprah Rossi di dunia balap yang sudah berlangsung selama 25 tahun. Pebalap asal Italia itu melakukan debutnya di grand prix balap motor di kelas 125cc pada 1996.

Dalam perjalanannya di dunia balap, Rossi jadi salah satu pebalap tersukses. Dia mengoleksi 115 kemenangan, 199 kali naik podium, dan punya sembilan gelar juara dunia.

Usai pengumuman pensiun Valentino Rossi, banyak rival maupun mantan rivalnya yang memberikan penghormatan. Begitu pula dengan Marc Marquez yang berbagi komentarnya soal pensiunnya Rossi.

"Ya, kemarin saya bertaruh untuk hal yang berbeda. Saya kira dia akan lanjut satu tahun lagi dengan timnya," ujar Marquez usai sesi latihan bebas MotoGP Styria seperti dilansir Motorsport.

"Bagi saya ini seperti kami kehilangan sesuatu, kami kehilangan bagian dari MotoGP, mungkin bagian terbesar dari MotoGP karena Valentino selalu mendatangkan banyak orang dan dia melakukan banyak hal dan banyak hal bagus di dalam dan luar trek."

Hubungan Valentino Rossi dan Marc Marquez sempat memanas di MotoGP 2015 dan mencapai puncaknya di Sepang. Sekian tahun berlalu pun, Rossi masih merasa pahit jika mengenang momen itu.

"Jadi semua orang tahu hubungan pribadi kami bukan yang terbaik dan setiap orang punya caranya, tapi saya tidak punya masalah dan saya bisa akui kami kehilangan sesuatu yang besar di MotoGP," ucap Marquez soal hubungannya dengan Rossi.

"Beruntung buat MotoGP, dia masih akan terlibat, tapi kalau kita tengok lagi kariernya -- 25 tahun kariernya, atau mungkin lebih -- itu sesuatu yang spesial, unik, dan (dia) seorang legenda."

"Jadi selamat untuknya atas kariernya dan saya doakan yang terbaik untuk masa depannya," kata Marc Marquez.

(nds/ran)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT