MotoGP Styria 2021: Kemenangan Perdana Jorge Martin, Rossi Finis ke-13

Lucas Aditya - Sport
Minggu, 08 Agu 2021 20:40 WIB
DOHA, QATAR - APRIL 02: Jorge Martin of Spain and Pramac Racing rounds the bend during the MotoGP of Qatar - Free Practice at Losail Circuit on April 02, 2021 in Doha, Qatar. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images)
MotoGP Styria 2021: Jorge Martin raih kemenangan perdana, Rossi finis ke-13. (Jorge Martin Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp)
Jakarta -

Rider Pramac Ducati, Jorge Martin, menjadi pemenang di MotoGP Styria 2021. Valentino Rossi finis di posisi ke-13 di race ke-10 MotoGP musim ini.

Dalam balapan di Red Bull Ring, Spielberg, Minggu (8/8/2021) malam WIB, Jorge Martin memaksimalkan pole position. Dia melahap 27 lap dengan catatan waktu 38 menit 7,879 detik.

Melengkapi podium, Joan Mir dan Fabio Quartararo. Mir finis 1,548 detik lebih lambat dari Martin, Quartararo berjarak 9,632 detik.

Rider Petronas Yamaha SRT, Rossi, bisa naik empat tingkat dari posisi startnya. The Doctor mencatatkan waktu 38 menit 34,161 detik untuk menyelesaikan balapan.

Bagi Martin, ini merupakan kemenangan pertama di ajang MotoGP. Sebelum ini, dia sudah pernah mendapatkan podium ketika finsi ketiga di MotoGP Doha.

Dengan tambahan poin penuh di MotoGP Styria 2021, Martin kini mengumpulkan 48 poin. Sementara puncak klasemen MotoGP 2021 masih dikuasai oleh Fabio Quartararo dengan raihan 172 poin.

Jalannya Balapan

Francesco Bagnaia melakukan start bagus. Dia mampu mengambil posisi terdepan dari Jorge Martin.

Saat lap pertama selesai, Valentino Rossi ada di posisi ke-20, turun tiga tingkat dari posisi start.

Sebuah kecelakaan terjadi saat balapan menyisakan 26 lap. Ada kecelakaan yang melibatkan rider wild card KTM, Dani Pedrosa, dan Lorenzo Savadori.

Pedrosa terjatuh, Savadori tak bisa menghindari motor yang ada di trek. Kecelakaan tak terelakan, motor Pedrosa pun terbakar.

Red flag pun dikibarkan. Saat balapan dihentikan. Bagnaia masih menempati urutan pertama.

Setelah lintasan sudah dibersihkan, race pun start ulang. Maverick Vinales harus memulai balapan dari pit karena motornya bermasalah saat warm up.

Jack Miller melakukan start bagus, mengambil posisi terdepan dari Martin. Race berjalan selama 27 lap.

Martin menyalip Miller saat balapan menyisakan 24 lap. Dalam sebuah trek lurus, dia menjadi yang terdepan.

Martin dan Mir menjauh di barisan rider terdepan. Gap dengan Quartararo di posisi ketiga sejarak 1,879 detik hingga 19 putaran tersisa.

Petaka untuk Miller terjadi saat menyisakan 10 lap. Di tikungan 7, dia crash saat mencoba mengejar Quartararo. Dia bisa kembali ke lintasan, tapi langsung masuk ke pit.

Jorge Martin terus melesat tak terkejar hingga akhir balapan. Dia pun memenangi race MotoGP untuk pertama kalinya. Dia baru saja promosi dari Moto2 ke Pramac Ducati di awal musim 2021.



Simak Video "Kata Joan Mir dan Quartararo Saat Rossi Pensiun dari MotoGP"
[Gambas:Video 20detik]
(cas/raw)