MotoGP Austria 2021: Nyaris Saja Podium, Rossi!

Bayu Baskoro - Sport
Senin, 16 Agu 2021 13:30 WIB
SPIELBERG, AUSTRIA - AUGUST 06: Valentino Rossi of Italy and Petronas Yamaha SRT prepares to start in box  during the MotoGP of Styria - Free Practice at Red Bull Ring on August 06, 2021 in Spielberg, Austria. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Valentino Rossi nyaris podium di MotoGP Austria 2021. (Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp)
Spielberg -

Valentino Rossi nyaris meraih podium dalam balapan MotoGP Austria 2021. The Doctor tidak mengganti ban motor ketika hujan mulai membasahi lintasan.

MotoGP Austria 2021 di Sirkuit Red Bull Ring, Minggu (15/8/2021), menghadirkan banyak drama. Race dimulai dengan kondisi kering, sebelum hujan turun menjelang akhir balapan.

Kondisi lintasan yang basah membuat banyak pebalap kembali ke pit dan mengganti ban. Namun, ada pula yang memaksakan diri menyelesaikan race dengan ban kering.

Brad Binder berhasil finis pertama dengan tetap menggunakan ban kering. Rider KTM itu disusul Francesco Bagnaia dan Jorge Martin di posisi kedua dan ketiga.

Valentino Rossi juga menjadi rider yang finis tanpa melakukan pergantian ban. Pebalap Petronas Yamaha itu mengakhiri race di posisi kedelapan, tertinggal 17 detik dari Binder.

Rossi sempat berada di posisi ketiga ketika balapan hanya menyisakan dua lap lagi. The Doctor memanfaatkan momentum ketika lima rider terdepan mengganti motor secara bersamaan.

Kehadiran Rossi di posisi ketiga sempat membuat antusias para penonton di sirkuit. Namun, dia gagal mempertahankan posisinya dan harus mengubur mimpi podium ke-200 sepanjang karier balapannya.

"Saya memutuskan untuk tidak berhenti karena hanya tersisa lima lap dan itu adalah pilihan tepat, sebab saya bisa memperbaiki posisi saya," kata Rossi yang memulai race dari urutan ke-18, dilansir dari Crash.

"Pada titik tertentu saya berada di zona podium dan itu cukup seru! Namun dua lap terakhir menjadi sulit karena kami mendapat lebih banyak hujan," dia menambahkan.

"Biasanya, Anda tidak akan pernah melanjutkan [dengan ban kering] seperti ini. Tapi hujan mulai sangat lambat dan jika anda masuk pit, anda kehilangan satu menit. Awalnya hanya Tikungan 3 dan Tikungan 6 yang basah, tapi sisanya masih kering. Jadi Anda bisa menjaga suhu yang baik di rem dan ban,".

"Namun satu setengah putaran terakhir sangat sulit karena motor mulai berputar di mana-mana dan sangat mudah untuk membuat kesalahan, hingga membuat anda harus balapan dengan sangat mulus. Pada akhirnya tidak berhenti adalah keputusan yang tepat," pungkasnya.

Finis di posisi kedelapan menjadi catatan terbaik Valentino Rossi sepanjang MotoGP 2021. Juara dunia sembilan kali itu berada di posisi ke-19 klasemen sementara dengan 28 poin.



Simak Video "Bukan Pertamax atau Premium, Ini Bensin yang Dipakai Motor MotoGP"
[Gambas:Video 20detik]
(bay/cas)