Yamaha Akan Tarik Morbidelli ke Tim Pabrikan, Dovizioso ke Petronas SRT

Lucas Aditya - Sport
Minggu, 29 Agu 2021 18:15 WIB
Italian rider Franco Morbidelli celebrates taking third place after the MotoGP Spanish Motorcycle Grand Prix at the Angel Nieto racetrack in Jerez de la Frontera, Spain, Sunday, May 2, 2021. (AP Photo/Jose Breton)
Franco Morbidelli akan ke tim pabrikan Yamaha, Andrea Dovizioso ke tim satelit. (Foto: AP/Jose Breton)
Jakarta -

Yamaha mengungkap rencana di sisa musim MotoGP 2021 dan untuk MotoGP 2022. Franco Morbidelli akan membalap untuk tim pabrikan, Andrea Dovizioso bergabung dengan Petronas SRT.

Hal itu diungkapkan oleh bos Yamaha, Lin Jarvis, menatap balapan MotoGP Inggris 2021. Jika tak ada aral melintang, Morbidelli dan Dovizioso akan membalap dengan tim baru masing-masing mulai MotoGP San Marino pada 19 September mendatang.

"Rencananya adalah Morbidelli bersama tim pabrikan dan Dovizioso dengan tim satelit dari Misano lalu juga di musim 2022," kata Jarvis saat memberikan keterangan ke MotoGP.

Saat ini, satu slot pebalap tim pabrikan Yamaha sedang kosong. Maverick Vinales sudah diputus kontrak karena diduga dengan sengaja merusak mesin motor.

Fabio Quartararo menjadi satu-satunya rider andalan tim Garpu Tala. El Diablo ada di posisi pertama klasemen MotoGP 2021 dengan raihan 181 poin usai 12 kali balapan.

Yamaha ada di posisi kedua klasemen konstruktor MotoGP 2021. Mereka mengumpulkan 209 poin, tertinggal 3 poin dari Ducati.

Sementara untuk klasemen tim, Monster Energy Yamaha saat ini ada di posisi teratas. Mereka sudah mengumpulkan 276 poin.

Di Yamaha saat ini, masih ada Valentino Rossi dan Cal Crutchlow di Petronas Yamaha SRT. Pada MotoGP Inggris, Cruchlow akan membela tim pabrikan Yamaha, sedangkan posisi Crutchlow diganti Jake Dixon.

Sementara itu, Morbidelli masih menjalani proses pemulihan karena cedera lutut yang dia alami.

Morbidelli sudah absen dalam 3 balapan terakhir. Dia ada di posisi ke-16 klasemen MotoGP 2021 dengan raihan 41 poin.



Simak Video "Spesial Kemerdekaan, Yamaha QBIX Masuk ke Indonesia Lewat Importir Umum"
[Gambas:Video 20detik]
(cas/ran)