Sirkuit Mandalika Fokus ke Superbike & MotoGP, Minat Juga Gelar F1?

Kris Fathoni W - Sport
Kamis, 02 Sep 2021 11:15 WIB
Progres pembangunan Sirkuit Mandalika
Foto: dok. Mandalika Grand Prix Association
Jakarta -

Saat ini Sirkuit Mandalika masih akan fokus ke ajang World Superbike dan MotoGP. Tidak menutup kemungkinan F1 jadi yang berikutnya.

Hal itu dikatakan oleh Ricky Baheramsjah selaku CEO Mandalika Grand Prix Association dalam wawancara virtual baru-baru ini, terkait rumor bahwa sirkuit di Lombok itu membidik race F1.

"Saat ini hal itu sedang jadi topik yang ramai dan saya bisa memahami kenapa," katanya, saat ditanya Crash.net mengenai potensi menggelar F1 di Sirkuit Mandalika.

"Sirkuit kami perlu dihomologasi oleh standar FIM atau FIA. FIM untuk MotoGP dan World Superbike, dan kemudian FIA untuk balap mobil termasuk Formula 1. Jadi jika ingin menggelar Formula 1, pada dasarnya kami perlu melakukan homologasi sesuai standar FIA."

"Dari sudut pandang kami, kami sangat percaya diri sirkuit kami ini bisa memenuhi persyaratan-persyaratannya, tapi tetap butuh proses. Pada akhirnya, jika ingin menggelar F1, dibutuhkan dukungan pemerintah seperti halnya dalam MotoGP. Di sisi lain, pada saat bersamaan juga perlu didiskusikan dengan otoritas Formula 1," tuturnya.

Ricky Baheramsjah menambahkan, medio 2018 dan 2019 dirinya sudah bertemu dengan para petinggi F1 untuk memberikan gambaran awal proyek di Sirkuit Mandalika. Walaupun antusias dengan kelanjutan pembahasan itu, saat ini fokus Sirkuit Mandalika ada di balapan roda dua.

"Sejauh ini, kali terakhir kami bicara dengan Formula 1 adalah pada 2018 ke 2019, untuk mempresentasikan proyek ke mereka. Kami sangat terbuka untuk diskusi lanjutan, kami sangat terbuka dengan kesempatan membawa Formula 1 ke Indonesia."

"Tapi tujuan kami dengan MGPA saat ini adalah fokus sepenuhnya ke World Superbike dan MotoGP. Itulah prioritas kami sekarang," sebutnya.

Simak video 'Sirkuit Mandalika Siap Gelar MotoGP, Berapa Biaya Per Musim?':

[Gambas:Video 20detik]



(krs/rin)