Sah! Franco Morbidelli Gabung Tim Pabrikan Yamaha

Kris Fathoni W - Sport
Kamis, 16 Sep 2021 18:25 WIB
Italian rider Franco Morbidelli celebrates taking third place after the MotoGP Spanish Motorcycle Grand Prix at the Angel Nieto racetrack in Jerez de la Frontera, Spain, Sunday, May 2, 2021. (AP Photo/Jose Breton)
Foto: AP/Jose Breton
Jakarta -

Franco Morbidelli sudah sah jadi rider tim pabrikan Yamaha. Morbidelli langsung melakoni peran itu sedari MotoGP San Marino 2021 di akhir pekan.

Dalam pernyataannya, Yamaha menyebut Franco Morbidelli akan membalap untuk tim Monster Energy Yamaha MotoGP di sisa musim MotoGP 2021, "dan untuk musim 2022 dan 2023."

Itu berarti MotoGP San Marino 2021 di akhir pekan akan jadi debut Franco Morbidelli untuk tim pabrikan Yamaha. Di saat bersamaan, ini juga menjadi momen comeback-nya usai pemulihan cedera.

Morbidelli juga menjadi rider yang menggantikan posisi Maverick Vinales, yang berpisah dengan tim pabrikan Yamaha usai seri di Austria. Kini Vinales sudah gabung Aprilia.

Dengan bergabung ke tim pabrikan Yamaha, Franco Morbidelli sekaligus reuni dengan Fabio Quartararo yang merupakan rekan satu timnya di Yamaha SRT pada 2019 dan 2020.

"Pada awalnya kami berencana agar Franky gabung mulai dari 2022, tapi dengan perubahan line-up mendadak di pertengahan musim kami jadi punya kesempatan untuk melakukannya lebih cepat," kata Lin Jarvis, Yamaha Racing managing director Lin Jarvis.

(krs/pur)