Maverick Vinales Masih Berkabung, Pilih Absen di MotoGP AS 2021

Adhi Prasetya - Sport
Kamis, 30 Sep 2021 14:30 WIB
MISANO ADRIATICO, ITALY - SEPTEMBER 18: Maverick Vinales of Spain  and Aprilia Racing Team Gresini  speaks in box during the qualifying practice during the MotoGP Of San Marino - Qualifying at Misano World Circuit on September 18, 2021 in Misano Adriatico, Italy. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Vinales akan absen di MotoGP AS. Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp
Jakarta -

Maverick Vinales bakal absen di MotoGP Amerika Serikat akhir pekan ini. Rider berjuluk Top Gun itu masih berduka atas meninggalnya sang sepupu, Dean Berta Vinales.

Berta mengalami crash dalam balapan Supersport 300 World Championship 2021 di Sirkuit Jerez, Spanyol, Sabtu (25/9) lalu. Meski sudah mendapat perawatan, ia akhirnya meninggal beberapa jam kemudian karena cedera parah yang dideritanya.

Kematian Berta yang masih berusia 15 tahun itu menyisakan duka mendalam bagi keluarga Vinales sampai saat ini. Apalagi ia juga tampil di ajang tersebut dengan memperkuat tim milik keluarganya sendiri, yakni Vinales Racing Team.

Kurang dari sepekan usai kecelakaan tragis itu, seharusnya Vinales sudah bersiap untuk tampil dalam MotoGP AS di Austin, Texas, Senin (4/10) dini hari WIB. Namun Vinales merasa belum siap untuk kembali ke trek, dan memilih absen dulu.

"Karena baru saja kehilangan sepupunya, yakni Dean Berta Vinales, maka Maverick Vinales akan absen dalam balapan di Austin. Aprilia Racing mendukung keputusan ini," bunyi pernyataan Aprilia.

Dalam kesempatan terpisah, Vinales pun mengonfirmasi kabar ini. Ia sebetulnya ingin membalap demi sang adik sepupu, namun memilih beristirahat dulu karena pikirannya belum stabil.

"Terima kasih kepada Aprilia karena telah memahami situasi yang saya hadapi dan dengan baik mau menerimanya. Saya ingin membalap untuk sepupu saya tapi saat ini saya masih emosional, dan hal itu membuat saya sulit menjauh dan tetap fokus," ujar Vinales.

Vinales diketahui baru saja bergabung dengan Aprilia setelah meninggalkan Yamaha di tengah musim ini. Ia sejauh ini sudah dua kali turun bersama pabrikan Italia itu, dengan capaian terbaik finis di posisi 13.

(adp/krs)