2 'Sirkuit Kiri' Tempat Marc Marquez Berjaya Musim Ini

Kris Fathoni W - Sport
Senin, 04 Okt 2021 10:20 WIB
Jakarta -

Marc Marquez berjaya di Austin dalam gelaran MotoGP Amerika 2021, menegaskan dominasinya di sana. Dua kemenangannya musim ini juga hadir di 'sirkuit kiri'.

Dalam race Senin (4/10) dini hari WIB, Marc Marquez berhasil paling dulu melewati garis finis MotoGP Austin di Circuit of the Americas (COTA) untuk meraih kemenangan keduanya di MotoGP 2021.

Hasil itu membuat Baby Alien mencatatkan kemenangan ketujuh dari dalam percobaan di COTA. Satu-satunya ia gagal meraih kemenangan dalam race di Austin adalah saat gagal finis di edisi 2019.

Sebelum meraih kemenangan di Austin satu-satunya kemenangan di MotoGP 2021 buat Marc Marquez, yang musim ini kembali tampil usai absen panjang akibat operasi lengan, adalah di Sachsenring dalam gelaran MotoGP Jerman.

COTA dan Sachsenring sendiri memiliki satu kesamaan karakteristik: lebih banyak tikungan kiri. Sebagai informasi, perbandingan tikungan di kedua sirkuit adalah 10 tikungan kiri dan 3 tikungan kanan di Sachsenring dan 11 tikungan kiri dan 9 tikungan kanan di COTA.

Karakteristik itu disukai oleh Marc Marquez. Terlebih lagi dengan kondisi lengannya yang belum pulih 100 persen usai cedera.

"Tentu saja tikungan kiri sirkuit selalu jadi salah satu keunggulanku, tapi dengan cedera ini rasa pada tikungan kiri dan kanan jadi lebih terasa besar perbedaannya," kata Marc Marquez seperti dilansir Crash.net.

"Mudah untuk dijelaskan bahwa pada tikungan kiri, aku bisa mengendalikan dengan lengan kiri dan menggunakan otot trisep. Tapi pada tikungan kanan, aku jadi mendorong dengan tangan kiri dan dari situ aku understeer. Saat ini aku belum bisa maksimal dengan tangan kanan, tapi aku tetap mampu melaju dengan baik."

"Berkendara seperti ini memang sulit, itu kenapa aku sering crash. Tapi kami terus berusaha mengatasinya dan memahami situasi ini," tuturnya.

(krs/pur)