MotoGP Emilia Romagna 2021: Marquez Menang, Bagnaia Jatuh, Quartararo Keempat

Okdwitya Karina Sari - Sport
Minggu, 24 Okt 2021 19:57 WIB
Misano -

Marc Marquez berhasil memenangi MotoGP Emilia Romagna 2021 setelah Francesco Bagnaia jatuh. Fabio Quartararo mengunci titel juara dunia dengan finis keempat.

Balapan di Sirkuit Misano, Minggu (24/10/2021), Marquez dan Bagnaia bersaing ketat sejak awal balapan. Namun, Marquez kemudian diuntungkan dengan kecelakaan yang dialami Bagnaia di putaran-putaran terakhir.

Quartararo memulai dari barisan belakang sebelum sedikit demi sedikit memperbaiki posisinya. Pebalap Prancis itu berpeluang menyudahi balapan di podium tapi disalip Enea Bastianini di putaran terakhir.

Sorotan lain diarahkan kepada rebalap Petronas SRT Valentino Rossi. The Doctor menandai balapan kandang terakhirnya di posisi kesepuluh.

Dengan hasil ini, Quartararo berhak atas titel juara MotoGP 2021 setelah mengumpulkan 267 poin, unggul 65 poin dari rival terdekatnya, Bagnaia. Perolehan Quartararo tidak akan dapat dikejar karena kejuaraan tinggal menyisakan dua seri saja di Portugal dan Valencia.

Jalannya Pertandingan

Francesco Bagnaia berhasil mempertahankan posisi terdepan setelah start. Bagnaia masih memimpin setelah putaran pertama diikuti rekan setimnya Jack Miller, Marc Marquez, dan Miguel Oliveira.

Fabio Quartararo, yang berpeluang mengunci titel juara di balapan ini, masih berkutat di rombongan belakang. Quartararo berada di posisi 12 di depan Johann Zarco dan Alex Marquez.

Memasuki putaran ketiga, sebuah insiden terjadi. Joan Mir dan Daniel Petrucci sama-sama out dari balapan setelah jatuh di tikungan 2. Bagnaia, Miller, Marquez bersaing ketat di tiga posisi terdepan.

Insiden lain terjadi di putaran 6 tikungan 15. Miller jatuh di tengah persaingannya dengan Bagnaia dan Marquez. Rider Spanyol itu kini di posisi kedua dengan jarak kurang setengah detik dari Bagnaia. Sementara itu Quartararo juga diuntungkan dengan kejadian ini sehingga menghuni posisi 11 di belakang Iker Lecouna.

Pada putaran ketujuh, rombongan terdepan semakin jauh dari pebalap-pebalap lainnya. Marquez di posisi kedua kini berjarak 2,6 detik dari rekan setimnya, Pol Espargaro di posisi ketiga. Quartararo naik satu peringkat ke posisi 10 di belakang Alex Rins dan di depan Zarco. Sementara itu Valentino Rossi di posisi 19.

Posisi Quartararo kembali naik, kini di posisi sembilan. Dua pebalap lain jatuh: Iker Lecuona dan Takaaki Nakagami. Alex Marquez out karena masalah teknis, demikian pula Jorge Martin setelah crash di tikungan pertama.

Quartararo menyalip Luca Marini untuk mengambil alih posisi ketujuh di belakang Rins. Bagnaia masih memimpin balapan, dibayangi Marquez.

Pada putaran 18, Quartararo sudah di posisi keenam setelah melewati Rins. Tidak butuh waktu lama dia berhasil menyalip Aleix Espargaro untuk menempati posisi kelima meski masih berjarak 8,4 detik dari Oliveira keempat.

Bagnaia menjauhkan diri dari kejaran Marquez dengan jarak 0,9 detik di putaran ke-23. CRASH! Bagnaia jatuh di putaran berikutnya sehingga Marc Marquez kini mengambil alih pimpinan lomba diikuti Pol Espargaro.

Quartararo disalip Bastianini di putaran terakhir untuk finis keempat, namun sudah cukup untuk memastikan diri sebagai juara dunia MotoGP 2021.

(rin/cas)