Awas, Anak-anak Muda! Marc Marquez Sudah Ganas Lagi

Adhi Prasetya - Sport
Senin, 25 Okt 2021 12:10 WIB
Jakarta -

Marc Marquez berhasil menjadi pemenang MotoGP Emilia Romagna 2021. Hasil ini menjadi sinyal kebangkitan rider Spanyol itu untuk kembali bersaing merebut gelar juara dunia di musim depan.

Selama dua musim terakhir, Marquez hilang dari peredaran kandidat juara dunia MotoGP. Cedera tulang humerus di lengan kanan yang dialaminya sewaktu balapan di Sirkuit Jerez pada Juli tahun lalu membuatnya absen total di sisa MotoGP 2020, saat Joan Mir mengambil titel juara.

Musim berikutnya, atau di MotoGP 2021, Marquez sudah bisa menggeber motornya, namun butuh proses untuk bisa kembali kompetitif. Ia sempat mengalami tiga kali crash beruntun di Bugatti, Mugello, dan Catalunya pada periode Mei-Juni. Sementara di seri-seri balapan lain, rider Honda itu 'hanya' finis di papan tengah.

Untungnya, Marquez mampu menebus hasil-hasil tak memuaskan itu dengan tampil gemilang di sejumlah 'sirkuit kiri' seperti Sachsenring (Jerman), Motorland (Aragon), dan COTA (Amerika Serikat). Ia selalu meraih podium di tiga trek tersebiut, dengan dua di antaranya menjadi pemenang.

Namun kemenangan di MotoGP Emilia Romagna menjadi titik balik bagi Marquez. Sirkuit Misano yang didominasi tikungan kanan dan putaran searah jarum jam berhasil ditaklukkan olehnya.

"Ini sudah jelas adalah kemenangan terpenting buatku di musim ini. Faktanya aku bisa memaksakan diri di sebuah sirkuit searah jarum jam, ini menunjukkan perkembangan di jalur yang tepat," ujar Marquez, dikutip Paddockgp.

"Ini akan memberiku tambahan kepercayaan diri untuk dua balapan terakhir, tapi juga terutama untuk musim dingin. Kemenangan ini membuatku menjadi lebih tenang dan lebih sabar."

Gelar MotoGP 2021 sudah menjadi milik Fabio Quartararo. Itu artinya, sudah 2 musim Marquez puasa juara, yang terakhir diraih pada 2019 silam. Meski begitu, kini Marquez sudah tak lagi berada di fase 'pemulihan'.

Tiga kemenangan dan sekali runner-up sudah dicapai rider 28 tahun itu musim ini, menandakan ia siap bersaing lagi di MotoGP 2022 bersama jagoan-jagoan muda macam Quartararo, Francesco Bagnaia, Joan Mir, Franco Morbidelli hingga Enea Bastianini.

Bersiaplah anak-anak muda, Marc Marquez sudah kembali ganas!

(adp/krs)