Aksi Enea Bastianini: Start ke-16, Salip Quartararo, Finis Ketiga

Kris Fathoni W - Sport
Senin, 25 Okt 2021 12:50 WIB
MISANO ADRIATICO, ITALY - OCTOBER 24: Enea Bastianini of Italy and Esponsorama Racing celebrates the third place with flag at the end of the MotoGP race during the MotoGP of Emilia Romagna - Race at Misano World Circuit on October 24, 2021 in Misano Adriatico, Italy. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp
Jakarta -

Di tengah ingar bingar momen Fabio Quartararo, Marc Marquez, dan Valentino Rossi di Misano, jangan lupakan aksi ciamik dari si rookie Enea Bastianini.

Gelaran MotoGP Emilia Romagna 2021 pada hari Minggu (24/10) kemarin menghadirkan sejumlah kisah menarik. Yang utama tentu saja keberhasilan Quartararo juara dunia MotoGP 2021 lewat finis keempat.

Ada pula Marc Marquez yang menjadi pemenang seri balapan tersebut. Hasil itu merupakan kemenangan ketiganya di MotoGP 2021, dengan dua yang terakhir diraih secara beruntun, dan 'sirkuit kanan' pertama yang dimenanginya musim ini.

Dan tentu saja ada momen perpisahan Valentino Rossi. Walaupun musim masih menyisakan dua seri lagi, sebelum akhirnya the Doctor pensiun dari MotoGP, ini adalah race terakhirnya di kampung halaman.

Namun, di antara banyak kisah-kisah menarik di MotoGP Emilia Romagna 2021 itu, sepak terjang Bastianini layak jadi perhatian. Rookie MotoGP 2021 itu start di posisi ke-16 lalu finis di peringkat ketiga usai merebutnya dari Quartararo. Kian luar biasa karena Bastianini menunggangi Desmodeci GP19 alias sudah berusia dua tahun.

Rider Avintia Esponsorama itu kini sudah dua kali naik podium di MotoGP 2021, dengan yang pertama juga diraihnya di Misano dalam gelaran MotoGP San Marino pada bulan lalu -- juga lewat finis ketiga.

"Ini bukan akhir pekan yang mudah karena aku memulai balapan dari posisi 16. Awalnya ada kerumunan, lalu aku mulai menggeber, menemukan ritme dan keyakinan pada ban," ucap Bastianini seperti dilansir Motosan.

"Pada akhirnya aku bisa menempatkan diriku ke depan, dekat Quartararo. Duel dengannya seru, ia ingin finis ketiga dan aku menyerang dengan bersih untuk merebut posisi tersebut."

"Usai kualifikasi kemarin, aku pikir podium akan mustahil. Posisi ketiga ini terasa aneh juga buatku. Ketika aku melihat (Pecco) Bagnaia jatuh dan Fabio berada tak jauh, aku tahu harus gaspol," tutur rider Avintia Esponsorama Racing Ducati itu.

Enea Bastianini kini menempati posisi ke-13 klasemen MotoGP 2021 untuk sementara. Sejauh ini ia berada di posisi terbaik di antara rookie-rookie lain dan bahkan cuma ketinggalan tiga poin dari rider pabrikan Honda, Pol Espargaro.

Simak juga video 'Gagal Jegal Quartararo, Bagnaia Dapat Semangat dari Pak Guru Rossi':

[Gambas:Video 20detik]



(krs/pur)