Ketika Valentino Rossi Pamer 9 Motor Juara Dunianya

Mohammad Resha Pratama - Sport
Jumat, 12 Nov 2021 09:20 WIB
VALENCIA, SPAIN - NOVEMBER 11: Carmelo Ezpeleta (R) of Spain and Dorna CEO  and  Valentino Rossi of Italy and Petronas Yamaha SRT pose near the 9 bikes with which he won the World Championships in paddock during the MotoGP of Comunitat Valenciana: Previews at Ricardo Tormo Circuit on November 11, 2021 in Valencia, Spain. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Valentino Rossi pamerkan sembilan motor juara dunianya (Getty Images/Mirco Lazzari gp)
Valencia -

Valentino Rossi akan menjalani balapan pamungkasnya di MotoGP. Sebelum itu, Rossi memamerkan sembilan motor yang membawanya jadi juara dunia.

Setelah seperempat abad berkarier di dunia balap motor, Rossi akhirnya memutuskan pensiun ketika MotoGP 2021 tuntas. Balapan MotoGP Valencia 2021 di Riccardo Tormo, Minggu (14/11/2021) malam WIB besok, akan jadi yang terakhir kalinya.

Maka dari itu, wajar jika seri tersebut terasa spesial untuk Rossi dan seluruh penggemarnya terutama. Tidak akan ada lagi aksi-aksi menawan The Doctor di atas lintasan dan luar lintasan yang selama ini menghidupkan MotoGP.

Rossi adalah legenda hidup MotoGP dengan segala prestasi yang didapatnya. Sejak debut di kelas 125cc pada 1996, Rossi selalu bisa jadi juara dunia termasuk yang pertama di 1997 bersama Aprilia.

Naik kelas ke 250cc pada 1998, Rossi jadi juara dunia di 1999. Barulah dia naik kelas ke MotoGP/500cc pada 2000. Debutnya bersama Honda juga berujung gelar juara dunia MotoGP pertamanya pada 2001, yang berlanjut ke 2002 dan 2003.

Setelah itu, Rossi memutuskan pindah ke Yamaha 2004 dan kariernya makin cemerlang. Dia merebut empat gelar juara dunia sedari 2004, 2005, 2008, dan terakhir 2009.

Total sembilan gelar juara dunia sudah diraih Rossi, cuma kalah dari Giacomo Agostini (15 gelar) dan Angel Nieto (13 gelar). Maka dari itu ada perayaan spesial melepas kepergian Rossi dari MotoGP, Kamis (11/10).

VALENCIA, SPAIN - NOVEMBER 11: Carmelo Ezpeleta (R) of Spain and Dorna CEO  and  Valentino Rossi of Italy and Petronas Yamaha SRT pose near the 9 bikes with which he won the World Championships in paddock during the MotoGP of Comunitat Valenciana: Previews at Ricardo Tormo Circuit on November 11, 2021 in Valencia, Spain. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images)Sembilan motor juara dunia Valentino Rossi Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp

Pada sesi konferensi pers yang berlangsung santai itu, Rossi turut membawa serta seluruh motor yang pernah mengantarkannya jadi juara dunia, dari Aprilia, Honda, dan Yamaha. Lengkap dengan nomor 46 di depan motornya.

"Saya punya semua motor juara dunia di rumah, bahkan di kamar saya, kecuali Honda. Tetapi, melihat mereka semua saat ini membuat begitu emosional. Rasanya sudah lama sekali sejak gelar juara dunia pertama saya, dan jika Anda hitung dari kali terakhir saya juara dunia MotoGP (2009), maka itu sudah 10 tahun! Lama sekali dan emosional sekali," ujar Valentino Rossi seperti dikutip Crash.

"Honda 500 adalah motor yang harus diberikan pabrikan kepada saya. Saya sudah menyiapkan segalanya tetapi kemudian tidak pernah tiba. Saya akan senang jika mereka bisa memberikannya kepada saya, saya akan mengurusnya," sambungnya.

(mrp/yna)