Quartararo: Ducati Ngeri, Yamaha Harus Waspada di 2022

Mohammad Resha Pratama - Sport
Selasa, 30 Nov 2021 08:05 WIB
SPIELBERG, AUSTRIA - AUGUST 14: (L-R)  Francesco Bagnaia of Italy and Ducati Lenovo Team, Jorge Martin of Spain and Pramac Racing and Fabio Quartararo of France and Monster Energy Yamaha MotoGP Team   celebrate at the end of the MotoGP qualifying practice during the MotoGP of Austria - Qualifying  at Red Bull Ring on August 14, 2021 in Spielberg, Austria. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Fabio Quartararo (kanan) bakal mewaspadai Ducati sepanjang musim 2022 (Getty Images/Mirco Lazzari gp)
Paris -

Fabio Quartararo tak mau terbuai dengan gelar juara dunia MotoGP 2021. Sebab Ducati akan membahayakan misinya mempertahankan titel tahun depan.

Quartararo meraih gelar juara dunia pertamanya musim ini sekaligus membayar kegagalannya musim lalu. Performa mantap di paruh pertama musim yang dibarengi dengan konsistensi di setengah musim berikutnya jadi kunci.

Quartararo sekaligus mengakhiri puasa gelar Yamaha sejak terakhir jadi juara dunia bareng Jorge Lorenzo di 2015. Tapi, bukan berarti pekerjaan Yamaha selesai begitu saja.

Sebab ancaman akan selalu datang dari rival, terutama Ducati yang membuktikan mampu merepotkan di paruh kedua musim. Alhasil, dua gelar juara dunia, yakni konstruktor dan tim, direbut tim asal Italia tersebut.

Bahkan Francesco Bagnaia beberapa kali merepotkan Quartararo dan mampu menang empat kali di enam balapan terakhir. Sementara, Quartararo justru tidak bisa berkutik sepanjang periode itu.

Quartararo cuma menang sekali di paruh kedua musim yakni di MotoGP Inggris. Dengan kondisi itu, Quartararo pun mewanti-wanti tim Garpu Tala agar tidak jemawa dengan hasil musim lalu dan langsung bersiap menghadapi MotoGP 2022.

Apalagi dalam hasil tes pramusim MotoGP 2022 pekan lalu, Ducati sudah menunjukkan tajinya sementara Yamaha masih kesulitan, terutama dalam hal kecepatan.

"Ducati terbukti kompetitif dan kami juga harus meningkatkan performa kami. Mereka punya motor dengan mesin yang luar biasa, tapi M1 kami punya bodi yang bagus dan juga aspek lain yang mendukung kinerja kami selama 2021. Kami harap mereka tahu apa yang harus dilakukan dan bagian mana yang harus diperbaiki untuk tes berikutnya, setelah hasil yang kurang bagus di tes Jerez kemarin. Saya masih yakin kok," ujar Fabio Quartararo di GPOne.

"Kami selalu lebih baik bersama Yamaha dalam beberapa tahun terakhir dan hubungan kami begitu luar biasa. Saya harus bekerja keras agar siap musim depan, untuk membuktikan diri," sambung pebalap asal Prancis itu.

Simak juga Video: Berkaca dari WSBK, Ini Catatan Penting Agar MotoGP 2022 Sukses

[Gambas:Video 20detik]




(mrp/bay)