ADVERTISEMENT

Yamaha: Toprak Akan Jalani Tes MotoGP Tahun Ini

Adhi Prasetya - Sport
Senin, 07 Feb 2022 12:30 WIB
Pebalap Toprak Razgatlioglu sukses menjadi juara dunia WSBK 2021. Toprak mengunci gelar juara usai finis kedua saat balapan di Sirkuit Mandalika.
Toprak Razgatlioglu. Foto: AP Photo/Achmad Ibrahim
Jakarta -

Juara bertahan World Superbike (WSBK) Toprak Razgatlioglu direncanakan bakal menjalani tes MotoGP tahun ini. Hal itu dikonfirmasi oleh manajer Yamaha, Massimo Meregalli.

Awalnya, Toprak dijadwalkan menjalani tes pada November lalu di Sirkuit Jerez, namun hal tersebut urung terlaksana. Sebabnya, saat itu ia harus menjalani balapan WSBK Mandalika.

Musim ini, Toprak akan kembali tampil di WSBK bersama Pata Yamaha, namun di sela-sela kejuaraan, pabrikan Jepang tersebut akan mencari waktu untuk Toprak mencoba motor MotoGP.

"Akhir musim lalu, di akhir tes Jerez, kami merencanakan tes untuknya. Tapi kemudian Indonesia menggelar seri terakhir WSBK, jadi dia harus berangkat ke sana," jelas Meregalli kepada situs resmi MotoGP, dikutip Motorsport.

"Tahun ini, berdasarkan jadwal Cal (Crutchlow, pebalap tes Yamaha), kami mungkin harus mencari satu hari yang pas untuk kami dan Toprak (agar bisa menggelar tes)."

"Jelas hal itu akan menarik, dan dia juga berhak mendapat kesempatan ini karena pencapaiannya musim lalu begitu mengagumkan. Saya juga penasaran melihatnya mengendarai M1 (sebutan YZR-M1, motor Yamaha di MotoGP)."

Mengenai waktunya, Meregalli menyebut Toprak mungkin akan menjalani tes di musim panas. "Kami sudah punya jadwal, ada dua kemungkinan, satu di bulan Agustus, satu lagi di bulan Juni, tapi saya belum bisa memastikan," lanjutnya.

"Kami sudah membahas kemungkinan tes ini. Begitu kami siap, kami akan memutuskan bersama kapan waktu yang tepat," tandas pria 51 tahun asal Italia itu.

Toprak sebelumnya sempat mencuit di media sosial jika dirinya tertarik untuk terjun ke MotoGP 2023. Padahal baru tahun lalu ia menjadi juara dunia WSBK, memutus dominasi Jonathan Rea selama enam tahun beruntun.

Kebetulan, Fabio Quartararo belum memperpanjang kontraknya. Juara dunia asal Prancis itu ingin melihat dulu kemampuan motor Yamaha dalam bersaing di MotoGP musim ini, terutama dengan Ducati yang kini menjadi rival yang diwaspadai pabrikan-pabrikan lain.

Simak juga Video: Bastianini Tercepat di Tes MotoGP Sepang Hari Kedua

[Gambas:Video 20detik]




(adp/aff)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT