Franco Uncini: Aspal Mandalika Saat Ini Bikin MotoGP Takut, tapi...

ADVERTISEMENT

Franco Uncini: Aspal Mandalika Saat Ini Bikin MotoGP Takut, tapi...

Tim detikcom - Sport
Selasa, 15 Feb 2022 15:10 WIB
Sejumlah pebalap kembali memacu kecepatan motor mereka di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, NTB. Hari ini jadi hari terakhir gelaran tes pramusim MotoGP 2022.
Foto: ANTARA FOTO/Andika Wahyu
Jakarta -

Franco Uncini, Safety Officer Federasi Balap Motor internasional (FIM), mengungkap adanya kekhawatiran menggelar balapan grand prix di Sirkuit Mandalika jika kondisinya masih seperti sekarang.

Hal itu dikatakan Uncini, yang juga juara dunia 500cc tahun 1982, dalam wawancara kepada GPOne. Uncini mengaku terkesan dengan fasilitas di Sirkuit Mandalika, tapi menyayangkan kondisi aspalnya.

Uncini menyatakan juga telah membahas soal kekhawatiran para rider ini kepada pihak-pihak yang bertanggung jawab atas kelayakan dan kualitas lintasan sirkuit Mandalika -- yang layout-nya dipuji sejumlah pebalap. Tapi solusi untuk membenahi hal itu pun sudah terus dicari.

"Kami sudah menuntaskan uji coba tanpa masalah apapun, tapi kami takut melangsungkan grand prix dalam kondisi seperti ini," kata Uncini di GPOne.

"Kami sedang melakukan pembahasan dengan pihak-pihak yang berwenang, dan sudah menjelaskan kepada mereka untuk memahami apa yang menjadi masalah. Jadi saat ini kami sedang mencari solusi agar bisa menggelar grand prix dengan kondisi yang aman dan tenang," tutur pria Italia tersebut.

"Kami masih perlu beberapa hari lagi. Memang benar bahwa ada kerikil dari aspalnya yang terkelupas, tapi situasi ini bukanlah situasi yang tak bisa diatasi. Ada beberapa bagian yang lebih rusak ketimbang lainnya. Masalah yang paling kelihatan ada di Turn 1 sampai 5, dan juga di tikungan terakhir. Tapi dalam waktu dekat kami akan bisa mendapat solusi."

Kondisi aspal Sirkuit Mandalika menjadi perhatian sejumlah rider yang baru saja menjalani tes pramusim MotoGP 2022 selama tiga hari di sana. Salah satu dugaan yang muncul adalah bahwa kondisi aspal yang memburuk dengan cepat dikarenakan tekanan hilir-mudiknya motor MotoGP yang secara teori punya sekitar 300 horsepower. Situasi itu tak terjadi pada saat Sirkuit Mandalika menggelar balapan World Superbike 2021 lalu.

MotoGP 2022 akan mulai bergulir di Qatar. Setelah itu giliran Indonesia yang menghajat seri berikutnya di Sirkuit Mandalika pada seri kedua. Race itu bakal dilangsungkan pada 20 Maret.

Simak Video 'Masalah 'Klasik' Sirkuit Baru Ternyata Muncul Juga di Mandalika':

[Gambas:Video 20detik]



(krs/rin)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT