Fabio Quartararo: Motor Honda Cepet Banget

Bayu Baskoro - Sport
Rabu, 02 Mar 2022 10:55 WIB
Fabio Quartararo usai tes pramusim MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika, Minggu (13/2) sore WITA.
Rider tim Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo. (Foto: Afif Farhan/detikcom)
Doha -

Fabio Quartararo mengakui keunggulan pebalap-pebalap Honda. Juara dunia MotoGP 2021 itu menyebut motor RC213V sangat cepat.

MotoGP 2022 digelar pada akhir pekan ini. Sirkuit Losail, Qatar, menjadi arena pertama balapan motor kelas premier.

Secara historis, Yamaha menjadi pabrikan yang paling banyak juara di Qatar. Pebalap-pebalap Tim Garpu Tala sudah sembilan kali podium pertama di Sirkuit Losail, termasuk musim lalu.

Kendati demikian, statistik tersebut tidak terlalu dipikirkan pebalap tim Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo. El Diablo mengukur kekuatan para pebalap dari sesi tes pramusim di Sepang dan Mandalika.

Dalam pandangan Quartararo, pebalap-pebalap Honda dengan motor RC213V amat cepat selama tes pramusim. FQ20 menilai Honda mengambil langkah besar ketimbang pabrikan lain, sehingga peluang mereka untuk menang di seri pertama juga besar.

"Jika Anda memeriksa semua pebalap Honda, kecepatan mereka luar biasa. Anda lihat Pol, bagi saya dia yang tercepat atau cukup dekat," kata Quartararo, dikutip dari Crash.

"Marc super cepat, Alex juga sangat cepat. Taka membuat simulasi balapan yang luar biasa. Jadi keempat Honda sangat cepat dan Anda bisa melihat motornya bekerja dengan cara berbeda," sambungnya.

"Saya tidak mengendarai motor mereka, tapi yang pasti trail brake motornya terlihat sangat bagus. Saya melihat Marc mengerem dengan sangat kuat di tepian dan bagi saya, karakteristik mesinnya berbeda,".

"Motor kami saat meluncur tidak berhenti dan tidak berputar, sementara motor mereka ketika meluncur masih bisa benar-benar berbelok. Itu bukan sesuatu yang kami tidak punya, melainkan karakteristik sepeda mereka," Fabio Quartararo mengungkapkan.

(bay/pur)