MotoGP Qatar 2022: Bastianini Kalahkan Pol Espargaro, Bagnaia Crash

ADVERTISEMENT

MotoGP Qatar 2022: Bastianini Kalahkan Pol Espargaro, Bagnaia Crash

Okdwitya Karina Sari - Sport
Minggu, 06 Mar 2022 23:05 WIB
Losail -

Rider Gresini Enea Bastianini sukses memenangi MotoGP Qatar 2022. Nasib apes diterima runner-up musim lalu Francesco Bagnaia retired usai crash di tengah race.

Di Sirkuit Losail, Minggu (6/3/2022) malam WIB, Bastianini memenangi balapan MotoGP Qatar 2022 setelah mengalahkan Pol Espargaro yang mendominasi sebagian besar balapan. Espargaro sendiri harus puas finis ketiga di belakang Brad Binder, yang menjadi runner-up.

Bastianini mengawali balapan di grid kedua di belakang Jorge Martin dan di depan Marc Marquez. Bastianini berhasil menjaga posisinya di sepanjang lomba lalu memaksa Pol Espargaro melebar di putaran kelima terakhir untuk merebut posisi terdepan sampai akhir balapan.

Sementara itu Francesco Bagnaia melengkapi derita Ducati di MotoGP Qatar 2022. Bagnaia jatuh lalu ikut menyeret Jorge Martin sehingga harus retired. Rekan setim Bagnaia Jack Miller pun menyudahi balapan lebih cepat usai masuk pit di putaran-putaran awal.


Jalannya Balapan

Marc Marquez melesat untuk memimpin balapan setelah tikungan pertama. Setelahnya Pol Espargaro mengambil alih pimpinan balapan, Marquez kedua. Diikuti Brad Binder, Enea Bastianini, dan Joan Mir. Jorge Martin yang merebut pole menjalani start dengan buruk sehingga memulai dari urutan tujuh.

Fabio Quartararo menunjukkan perbaikan posisi dengan menempati peringkat kedelapan usai start dari posisi kesebelas. Memasuki lap kedua, duo Repsol Honda masih berkuasa Pol Espargaro terdepan diikuti Marquez dan Binder.

Pada putaran keempat balapan masih cukup ketat. Pol Espargaro masih menduduki posisi paling depan dengan jarak 0,2 detik dari Marquez. Joan Mir berhasil menyalip Bastianini untuk merebut posisi keempat di belakang Binder.

Selanjutnya, Marquez melebar sehingga Binder bisa menyalipnya untuk berada di depan Espargaro. Bastianini kembali ke posisi empat setelah melewati Mir. Sementara itu dua pebalap terbaik pada musim lalu Quartararo dan Bagnaia masih terpuruk di posisi sembilan dan sepuluh.

Marco Bezzechini menjadi pebalap pertama yang jatuh. Dia mengalami kecelakaan di tikungan 16 di tengah putaran kedelapan sehingga harus out. Di rombongan depan, Pol Espargaro kini sudah berjarak setengah detik dari Binder. Sedangkan rider Ducati Jack Miller masuk pit, tampak motornya bermasalah.

Pada putaran kesembilan Marc Marquez menurun setelah disalip Enea Bastianini. Aleix Espargaro merangsek ke depan untuk mengambil alih posisi kelima di depan Joan Mir.

Alex Marquez dan Miguel Oliveira juga jatuh. Tidak lama kemudian, pada putaran kesepuluh Francesco Bagnaia jatuh lalu menyapu Jorge Martin di dekatnya. Mereka semua out.

Pol Espargaro kini unggul 1,4 detik di posisi paling depan. Enea Bastianini kedua dibuntuti Brad Brinder dan Marc Marquez. Aleix Espargaro berada di posisi kelima dengan selisih 0,8 dari Marquez.

Enea Bastianini tampil sensasional di putaran 17 dengan memangkas jarak signifikan dari Pol Espargaro untuk menempel ketat. Pada putaran kedelapan belas Bastianini berbalik memimpin setelah Espargaro melebar jauh setelah melewati lintasan lurus.

Akibatnya, Pol Espargaro mesti turun ke posisi ketiga di belakang Brad Binder. Bastianini kini memimpin cukup nyaman dengan jarak 1,4 detik dari pebalap di belakangnya. Sementara itu Marc Marquez disalip Aleix Espargaro sehingga duduk di posisi kelima.

Bastianini menjaga jarak lebih dari satu detik sampai dua putaran terakhir. Brad Binder dan Pol Espargaro cukup jauh di belakangnya. Bastianini menuju kemenangan pertamanya.

Pada putaran terakhir, Enea Bastianini dengan mulus melewati lintasan lurus terakhir sebelum garis finis. Brad Brinder finis kedua, diikuti Pol Espargaro melengkapi podium. Aleix Espargaro dan Marc Marquez finis keempat dan kelima.

Juara bertahan MotoGP Fabio Quartararo tidak bisa berbuat banyak sampai akhir balapan sehingga harus puas finis kesembilan di belakang duo Suzuki Joan Mir dan Alex Rins dan Johann Zarco. Takaaki Nakagami melengkapi 10 besar.

(rin/adp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT