ADVERTISEMENT

Lompat, Rins! Lompat!

Mohammad Resha Pratama - Sport
Sabtu, 19 Mar 2022 18:31 WIB
LOMBOK, INDONESIA - MARCH 19: MotoGP rider Alex Rins #42 of Spain and Team SUZUKI ECSTAR rides during the free practice 3 of the MotoGP Grand Prix of Indonesia at Mandalika International Street Circuit on March 19, 2022 in Lombok, Indonesia. (Photo by Robertus Pudyanto/Getty Images)
Alex Rins melompat dari motornya yang terbakar di FP4 MotoGP Mandalika (Getty Images/Robertus Pudyanto)
Lombok Tengah -

Alex Rins bernasib sial ketika motornya terbakar di sesi free practice 4 Pertamina Grand Prix of Indonesia. Beruntung Rins cepat melompat untuk menyelamatkan diri.

Sesi latihan tersebut dihelat di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Sabtu (19/3/2022) siang WIB. Sesi latihan keempat biasanya jadi "pemanasan" akhir sebelum kualifikasi.

Saat Rins sedang memasuki turn 13, tiba-tiba saja keluar api dari Suzuki yang dikendarainya. agian bawah motornya mengeluarkan api. Rins sempat mengecek sumber api sebelum akhirnya melompat dari motornya.

Alhasil, bendera merah dikeluarkan untuk menghentikan sesi keempat tersebut. Sementara, marshal sirkuit langsung bergerak cepat memadamkan api di motor Rins dan memindahkannya ke pinggir lintasan.

Rins kembali ke paddock menggunakan skuter. Beruntung bagi Rins, kejadian tersebut tidak membuatnya cedera dan menghalanginya tampil di sesi kualifikasi MotoGP Mandalika 2022, yang punya nama resmi Pertamina Grand Prix of Indonesia.

Usai balapan, Rins menjelaskan bahwa ada problem di bagian tangki oli yang menyebabkan bocor sehingga akhirnya mengeluarkan api karena kondisi udara yang panas.

"Ada masalah ketika tutup oli sehingga bocor ke mana-mana. Saya sedikit tergelincir di korner 13. Saya melihat sepatu dan ban sih baik-baik saja, sehingga saya terus ngegas," ujar Rins di Crash.

"Lalu, saya mengalaminya lagi di tikungan berikutnya. Saya keluar lintasan demi keselamatan diri sendiri dan pebalap lain," sambungnya.

"Kemudian saya melihat motor terbakar, itu momen menakutkan karena saya langsung berpikir 'Lompat, Alex' karena bisa saja motornya meledak. Itu bukan saat yang menyenangkan. Untungnya saya baik-baik saja."

Alex Rins akhirnya meraih posisi start kedelapan untuk race di Sirkuit Pertamina Mandalika pada hari Minggu (20/3/2022) besok. Rekan setimnya Joan Mir dari posisi ke-18.

(mrp/krs)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT