ADVERTISEMENT

Rara dan Risman, Dua 'Warlok' Bintang MotoGP Mandalika

Yanu Arifin - Sport
Senin, 21 Mar 2022 19:10 WIB
Risman
Risman dan juara MotoGP Mandalika, Miguel Oliveira. (Foto: (Instagram)
Jakarta -

Seri kejuaraan dunia Pertamina Grand Prix of Indonesia, nama resmi MotoGP Mandalika, sudah digelar dan berjalan seru. Gelaran balap motor itu membuat dua warga Indonesia mendunia, Rara dan Risman.

MotoGP Mandalika digelar pada Minggu (20/3/2022) di Pertamina Mandalika International Circuit. Balap motor dari kelas Moto3, Moto2, dan MotoGP berlangsung dengan seru.

Banyak drama terjadi sepanjang Hari-H race di Mandalika. Khususnya terjadi ketika kelas MotoGP akan dilangsungkan.

Hujan deras yang mengguyur sesaat sebelum race memaksa balapan ditunda. Satu jam lebih balapan ditunda akibat hujan disertai petir 'menggeruduk' arena balap.

Dalam momen menunggu hujan reda itu, panitia membuat terobosan. Pawang hujan, metode yang belum pernah diterapkan di berbagai negara penyelenggara MotoGP, diterjunkan.

Rara Istiati Wulandari, perempuan asal Jawa dan kini tinggal di Bali, melakukan ritual menghentikan hujan di tengah trek. Aksinya membawa sesajen dan membuat tarian khusus untuk menangkal hujan menjadi hiburan tersendiri di tengah MotoGP Mandalika.

Pawang hujan Rara Isti Wulandari melakukan ritual saat hujan mengguyur Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Minggu (20/3/2022). Start balapan MotoGP seri Pertamina Grand Prix of Indonesia sempat diundur dari jadwal semula karena cuaca buruk. ANTARA FOTO/Andika Wahyu/foc.Aksi pawang hujan Rara Isti Wulandari di tengah gelaran MotoGP Mandalika. (Foto. ANTARA FOTO/Andika Wahyu/foc.)

Banyak yang terkesan melihat aksi Rara, yang jelas menjadi pengalaman pertama bagi para rider luar negeri. Bahkan, juara dunia MotoGP Fabio Quartararo sampai menirukannya di paddock karena saking senangnya.

Rara makin dipuji setelah ritualnya dianggap berhasil. Tak lama setelah ritual digelar Rara, hujan berangsur reda, sampai akhirnya balapan bisa digelar pada pukul 15.15 WIB.

Media-media Internasional memuji Rara sebagai pawang hujan jempolan. Akun Twitter MotoGP sampai mengakuinya. "Ini berhasil," cuitnya, mengenai aksi Rara menghentikan hujan.

Bukan cuma Rara, warga Indonesia, yang mendunia di hari H balapan MotoGP Mandalika. Ada lagi warga lokal yang namanya disebut-sebut usai balapan.

Dia adalah Risman, yang dianggap berjasa oleh Miguel Oliveira, pemenang MotoGP Mandalika. Pria asli Lombok itu mendapat ucapan terima kasih dari sang juara balapan.

Apa penyebabnya? Risman rupanya dianggap membantu Oliveira sejak tiba di Indonesia sampai balapan. Rider Portugal itu sendiri berjanji akan menyebut namanya di podium jika bisa menang, sebagai ucapan terima kasih.

Dan janji itu dipenuhi Oliveira, yang keluar menjadi pemenang balapan MotoGP Mandalika. Rider KTM itu bisa finis pertama, mengungguli Fabio Quartararo dan Johann Zarco.

"Saya mau mendedikasikan kemenangan ini untuk Risman, salah satu staff hotel di tempat saya menginap," ujar Oliveira, saat diwawancara di Parc Ferme.

RismanRisman Foto: (Instagram)

"Dia pria yang sangat baik, dia terus memberikan semangat kepada saya. Saya sudah janji ke dia, (kalau menang) untuk mempersembahkan podium (kemenangan) ini kepadanya. Jadi, ini buat kamu Risman," sambungnya.

Penelusuran detikSport, Risman memang terlihat mendukung betul Oliveira. Dalam akun Instagramnya, ia mengunggah foto sedang menggendong sang rider, dengan caption, "Calon juara 2022," tulis Risman.

Risman kemudian juga menjadi bintang. Foto di Instagram itu kini sudah disukai lebih dari 100 ribu orang, dari sebelumnya cuma sekitar 27 orang yang menyukainya. Risman resmi menjadi bintang di MotoGP Mandalika.

Lihat Video: Anies Pamer Jadi Rebutan Selfie di Mandalika, Ini Komentar Pengamat

[Gambas:Video 20detik]



(yna/krs)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT