MotoGP Mandalika Masih Banyak Kekurangan, Dirut ITDC Minta Maaf

Mohammad Resha Pratama - Sport
Sabtu, 26 Mar 2022 06:15 WIB
Dirut ITDC Abdulbar M Mansoer
Dirut ITDC Abdulbal M Mansoer meminta maaf jika MotoGP Mandalika masih banyak kekurangannya (Resha Pratama/detikSport)
Jakarta -

MotoGP Mandalika 2022 tak lepas dari kritik karena masih banyak kekurangannya, Oleh karenanya, pihak ITDC (Indonesia Tourism Development Corporation) meminta maaf dan berjanji memperbaikinya.

Untuk balapan debut, MotoGP Mandalika terbilang sukses membuat para pebalap serasa di rumah sendiri. Sambutan hangat dari masyarakat lokal membuat Fabio Quartararo dkk senang bukan main.

Dari sisi sirkuit pun, kekurangan soal lintasan pun sudah diperbaiki hanya dalam rentang sebulan setelah masalah aspal muncul di sesi tes pramusim Februari. Balapan berjalan lancar meski sempat diganggu hujan deras selama sejam.

Pujian pun mengalir dari pihak asing untuk debut MotoGP Mandalika. Meski demikian di balik pujian tentu terselip kritik, yang sayangnya datang dari penonton lokal. Ini terbukti dari pengalaman dua penonton MotoGP asal Jakarta yang merasa ITDC harus banyak berbenah untuk tahun depan.

Yang pertama kondisi jalan yang masih didominasi tanah membuat kondisi becek parah saat hujan turun. Maka jangan heran jika banyak penonton yang mengeluh karena harus berkotor-kotoran.

Selain itu transportasi antar-jemput penonton dari dan ke dalam sirkuit ke sentral parkir juga masih tidak sesuai jadwal, sehingga banyak penonton harus berjalan jauh untuk keluar. Lalu, ada ketersediaan booth makanan juga kurang terutama di hari H balapan, karena tidak bisa memenuhi kebutuhan 60 ribu penonton.

Persoalan yang paling jadi sorotan adalah mahalnya harga penginapan selama tiga hari penyelenggaraan balapan. Tak jarang para pemilik hotel atau penginapan mengetok harga dan mau tak mau harus dipenuhi para penonton yang kadung berada di Lombok.

Terkait banyaknya masalah di luar balapan, Direktur Utama ITDC Abdulbar M. Mansoer meminta masyarakat memaklumi karena ini adalah balapan perdana untuk mereka.

Meski demikian, Abdulbar tetap meminta maaf atas nama ITDC seraya menjanjikan perbaikan di musim kedua agar penonton bisa makin nyaman menyaksikan balapan. Abdulbar juga menyebut pihaknya sudah melakukan rapat terbatas dengan Presiden RI Joko Widodo terkait evaluasi MotoGP Mandalika.

"Kami mohon maaf sebesar-besarnya kepada seluruh penonton yang mengalami ketidaknyamanan setelah menonton," ujar Abdulbar kepada detikSport dan sejumlah media dalam pertemuan di Acardia Senayan, Jakarta, Jumat (25/3/2022) sore WIB.

"Kami akan perbaiki dan akan selalu berproses membuat Sirkuit Mandalika layak untuk menjadi kelas dunia," sambungnya.

"Sebagai event balapan yang pertama kali kami lakukan, pasti akan kami evaluasi dan perbaiki. Beberapa perbaikan mungkin nanti akan ada pengaturan shuttle, satu jalur yang akan khusus bagi lalu-lintas shuttle," paparnya,

"Mungkin juga penertiban bagi mobil-mobil yang masuk dari luar. Kami akan evaluasi. Tentu saja kemarin sudah dilakukan rapat terbatas oleh presiden, saya kira nanti akan ada terobosan-terobosan inisiatif-inisiatif untuk memperbaiki lalu lintas," tutup Abdulbar M. Mansoer.

(mrp/raw)