Akhir Pekan Sempurna Aleix Espargaro di MotoGP Argentina

ADVERTISEMENT

Akhir Pekan Sempurna Aleix Espargaro di MotoGP Argentina

Adhi Prasetya - Sport
Senin, 04 Apr 2022 08:20 WIB
Spanish rider Aleix Espargaro of Aprilia Racing celebrates winning the MotoGP race at the circuit in Termas de Rio Hondo, Argentina, Sunday, April 3, 2022. (AP Photo/Nicolas Aguilera)
Aleix Espargaro jadi yang terbaik di MotoGP Argentina 2022. Foto: AP/Nicolas Aguilera
Termas de Rio Hondo -

Aleix Espargaro sukses menjadi pemenang MotoGP Argentina 2022. Pebalap 32 tahun itu menorehkan akhir pekan yang sempurna di Termas de Rio Hondo.

Pada balapan Senin (4/4/2022) dini hari WIB, Aleix berhasil mengalahkan Jorge Martin dari Pramac Ducati untuk menggapai podium tertinggi MotoGP Argentina. Padahal ia hampir selalu di posisi kedua sepanjang balapan.

Memulai balapan dari grid terdepan, Aleix sudah disalip Martin sejak lap pertama. Baru di lap ke-20 ia benar-benar merebut kembali posisi terdepan dan menguncinya hingga akhir balapan.

Hasil ini menciptakan sejarah bagi Aprilia dan Aleix. Keduanya, baik pebalap dan konstruktor, sama-sama mencatatkan kemenangan perdana di kelas MotoGP.

Raihan ini semakin terasa manis jika melihat catatan di hari sebelumnya. Aleix Espargaro dan Aprilia juga berhasil menjadi yang tercepat di sesi latihan bebas dan juga mengunci pole position!

Sesi FP1 menjadi milik Takaaki Nakagami (LCR Honda) dengan 1 menit 39,028 detik, namun Aleix menjadi yang tercepat di FP2 dengan 1 menit 38,244 detik sekaligus yang tercepat dalam catatan kombinasi.

Pada sesi kualifikasi, Aleix berhasil mencatat waktu 1 menit 37,688 detik, sekaligus mencatat pole position pertamanya untuk Aprilia. Ia puas dengan kerja kerasnya selama ini, yang akhirnya membuahkan hasil.

"Kemarin (Sabtu) kami membuktikan diri menjadi yang tercepat, dan juga hari ini (Minggu) di balapan. Ini bukan keberuntungan atau balapan basah, sekarang kami memimpin (klasemen)," ujar Aleix, dikutip Crash.

"Saya sungguh bahagia karena saya merasa kejuaraan ini adalah yang tersulit karena level persaingannya. Buat saya, jelas saya senang bisa memenangkan balapan, tapi tak ada yang berubah secara pribadi."

"Sebuah kemenangan tak akan mengubah banyak hidup saya, tapi untuk semua orang di Aprilia, (kemenangan) ini adalah langkah besar," jelas Aleix Espargaro.

Catatan waktu Aleix Espargaro di MotoGP Argentina 2022:

Latihan bebas: 1 menit 38,244 detik (P1)

Kualifikasi: 1 menit 37,688 detik (P1)

Balapan 25 lap: 41 menit 36,198 detik (P1)

(adp/mrp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT