ADVERTISEMENT

Jorge Martin Kaget Bisa Pole di MotoGP Amerika Serikat 2022

Mohammad Resha Pratama - Sport
Minggu, 10 Apr 2022 07:01 WIB
Jorge Martin (89), of Spain, waves after he earned the pole position during qualifying for the MotoGP Grand Prix of the Americas motorcycle race at the Circuit of the Americas, Saturday, April 9, 2022, in Austin, Texas. (AP Photo/Eric Gay)
Jorge Martin gak nyangka pole position di MotoGP AS 2022 (AP/Eric Gay)
Austin -

Jorge Martin meraih pole position MotoGP Amerika Serikat 2022 dan pecahkan rekor sirkuit itu. Pencapaian yang bikin Martin takjub.

Pada sesi kualifikasi di Circuit of The Americas, Austin, Minggu (10/4/2022) dini hari WIB, Martin sebenarnya harus berjuang sedari Q1. Ini karena hasil kurang oke selama sesi latihan bebas.

Setelah posisi ke-14 di sesi pertama, lalu naik ke posisi ke-10 di sesi kedua, dan berakhir di posisi ke-17. Hasil latihan bebas ketiga bahkan diakui sudah membuat Martin frustrasi.

Beruntun, Martin dan tim Pramac Ducati melakukan perbaikan saat sesi latihan bebas keempat. Hasilnya terbukti manjur karena Martin jadi yang tercepat di sesi Q1 dan berhak masuk ke Q2.

Di Q2, Martin unjuk gigi menjelang akhir kualifikasi saat menggeber motornya hingga mencatatkan waktu tercepat 2 menit 2,039 detik. Martin hanya unggul 0,003 detik dari pebalap Ducati Jack Miller yang disalipnya di saat akhir dan harus puas di posisi kedua.

Martin juga mengasapi Francesco Bagnaia, Johann Zarco, dan Enea Bastianini. Bahkan rekor lap di Austin juga dipecahkan Austin setelah selama ini dikuasai oleh Marc Marquez.

Martin pun meraih pole position keenam selama kariernya, sekaligus yang kedua musim ini setelah di Qatar. Meski meraih pole, Martin mengaku terkejut karena idak mengira bisa melakukannya, setelah berbagai masalah di sesi latihan bebas.

"Well, saya rasa ini bukan yang terbaik. Sebab saya tidak berharap banyak hari ini setelah crash di sesi latihan bebas ketiga. Saya merasa sudah mencapai batas. Kami lantas melakukan sedikit perbaikan di motor saat FP4, itu membuat saya lebih nyaman mengendarainya," ujar Jorge Martin di situs resmi MotoGP.

"Semuanya berjalan dengan lancar dan normal. Kemudian di Q1 saya memang percaya diri, saya bisa mencatatkan waktu 2 menit 04 detik di Q1 dan saya makin yakin bisa lebih bagus di Q2. Saya berterima kasih kepada rekan setim Johann Zarco karena peran dialah saya bisa membuat waktu yang bagus," sambungnya.

"Bangga sekali bisa mencatatkan rekor lap di COTA, setelah sekian lamanya bertahan. Saya siap untuk balapan besok."



Simak Video "MotoGP Mulai Sepi Penonton, Dorna: Indonesia Penuh!"
[Gambas:Video 20detik]
(mrp/yna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT