ADVERTISEMENT

Hasil MotoGP AS: Bastianini Tercepat Ungguli Rins dan Miller

Putra Rusdi K - Sport
Senin, 11 Apr 2022 01:55 WIB
Enea Bastianini(23), of Italy, leads Remy Gardner (87), of Australia, through a turn during an open practice session for the MotoGP Grand Prix of the Americas motorcycle race at the Circuit of the Americas, Friday, April 8, 2022, in Austin, Texas. (AP Photo/Eric Gay)
Enea Bastianini juara MotoGP Amerika Serikat 2022 (Foto: AP/Eric Gay)
Austin -

Enea Bastianini meraih kemenangan di MotoGP Amerika Serikat 2022. Rider Italia ini mengungguli Alex Rins dan Jack Miller.

MotoGP Amerika Serikat berlangsung di Circuit of The Amercias, Senin (11/4/2022) dini hari WIB. Jack Miller langsung melesat mimimpin balapan setalah start dari posisi kedua.

Ia sempat menjauh dari kejaran pebalap lain untuk nyaman berada di urutan pertama. Namun, Enea Bastianini bisa memangkas jarak dan mulai menekan Miller.

Bastianini bisa menyalip Miller di tikungan ke-12 saat balapan menyisakan lima lap untuk berada di urutan terdepan. Bastianini bisa mempertahankan posisinya untuk menjuarai MotoGP Amerika Serikat.

Alex Rins berada di posisi kedua usai bisa menyalip Miller di lap terakhir. Miller finis di peringkat ketiga.

Penampilan luar biasa juga ditunjukkan oleh Marc Marquez. Sempat berada di urutan belakang karena mengalami masalah saat start, ia bisa mengakhiri balapan di posisi ke-6.

Jalannya Balapan

Jack Miller yang start pada posisi kedua mampu menyalip Jorge Martin yang merupakan pole position di tikungan pertama. Ia memimpin balapan diikuti oleh Martin.

Enea Bastianini melesat ke urutan ketiga usai memulai balapan dari posisi kelima. Pebalap Gresini Racing ini menggusur Francesco Bagnaia ke posisi keempat. Setelah balapan berlangsung dua lap posisi kelima diperebutkan oleh dua pebalap Prancis Johann Zarco dan Fabio Quartararo.

Sementara, nasib kurang baik dialami oleh Marc Marquez. Mengalami masalah saat start, The Baby Alien sempat melorot ke urutan terakhir dari posisi awalnya di posisi ke-9.

Balapan berjalan lima lap, tiga pembalap di urutan teratas tak berubah. Zarco bisa menyodok ke urutan keempat disusul oleh Alex Rins. Bagnaia dan Quartararo terlempar dari lima besar.

Bagnaia di urutan keenam, sedangkan Quartararo di posisi ke-8 di belakang Joan Mir pada urutan ke-7. Peforma luar biasa ditunjukkan Marquez dengan mampu memperbaiki posisinya setelah melesat ke urutan 11.

Saat balapan menyisakan 10 putaran, Miller dan Martin masih terdepan. Posisi Bastianini di urutan ketiga mulai mendapat tekanan dari Rins.

Rins sempat bisa menyalip Bastianini. Namun, Bastianini mampu kembali mengambil alih posisi ketiga. Zarco dan Bagnaia mengikuti di posisi kelima dan keenam. Marquez perlahan bisa menembus 10 besar dengan berada di urutan ke-9.

Miller menjauh dari para pesaingnya untuk nyaman menjadi terdepan. Martin, Bastianini dan Rins, terlibat persaingan sengit di belakang Miller saat balapan tersisa delapan lap.

Bastianini bisa memangkas jarak dengan Miller untuk bersaing memperebutkan peringkat pertama. Bastianini menyalip Miller pada tikungan ke-12 di lima putaran terakhir balapan.

Alex Rins berada di peringkat ketiga diikuti oleh Joan Mir dan Bagnaia berada di lima besar. Jorge Martin melorot ke urutan ke-8.

Marquez juga terus menggeber motornya secara optimal. Sempat mencatatkan catatan lap tercepat, ia berada di urutan keenam.

Bastianini mempertahankan posisinya hingga balapan tuntas dan menjadi juara. Peringkat kedua ditempati oleh Rins yang bisa menyalip Miller di lap terakhir. Miller harus puas berada di urutan ketiga.

Lima besar dilengkapi oleh Mir yang finis di peringkat keempat dan Bagnaia di peringkat kelima. Sementara, Marquez menutup penampilan luar biasanya di MotoGP Amerika Serikat dengan berada di peringkat keenam.



Simak Video "Marc Marquez: Roger Federer Seperti Valentino Rossi"
[Gambas:Video 20detik]
(pur/raw)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT