Bergulir Juli, FIM MiniGP Indonesia Jembatani Pembalap RI ke MotoGP

Yudistira Perdana Imandiar - Sport
Sabtu, 04 Jun 2022 14:50 WIB
Bamsoet
Foto: MPR
Jakarta -

Kejuaraan motor balap mini FIM MiniGP Indonesia Series 2022 - Road to MotoGP akan segera bergulir. Ada enam seri balapan yang dijadwalkan mulai Juli hingga September tahun ini.

Kick off FIM Mini GP Indonesia Series 2022 telah dilakukan oleh Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo bersama Wakil Ketua Umum Internasional dan Event Happy Harinto, Ketua IMI DKI Jakarta Anondo Eko, Komisaris Sport Talenta Indonesia Rani, serta Direktur PT Bekarya Otomotif Sukses Djoko Iman Santoso.

Seri pertama akan dimulai pada 16 Juli 2022 di Sirkuit Internasional Karting Sentul, Bogor. Dilanjutkan putaran kedua dan seterusnya pada 17 Juli 2022, 13 Agustus 2022, 14 Agustus 2022, 24 September 2022, dan terakhir 25 September 2022. Kejuaraan yang merupakan bagian dari FIM MiniGP World Series 2022 yang diselenggarakan secara global oleh Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM) dan Dorna Sports itu diikuti 15 pembalap muda Indonesia berusia 10 hingga 14 tahun.

"Sesuai ketentuan FIM dan Dorna Sport, para pembalap yang berlaga dalam series MiniGP diwajibkan menggunakan tipe motor yang sama, Ohvale GP-0 160 Cc, yang memiliki karakter sama dengan gaya balap di MotoGP. Motor disediakan oleh panitia pelaksana. Penggunaan tipe motor yang sama oleh seluruh pembalap MiniGP dimaksudkan agar pembalap dari negara yang berbeda bisa mempunyai pengalaman yang sama. Sehingga para juaranya tidak semata bergantung kepada kualitas mesin kendaraan, melainkan lebih mengandalkan keunggulan teknik balap dari masing-masing pembalap muda," jelas Bamsoet dalam keterangannya, Sabtu (4/6/2022).

Ketua DPR RI ke-20 itu menjelaskan tiga besar juara FIM MiniGP Indonesia Series 2022 akan bertanding dalam FIM MiniGP World Final 2022 yang diselenggarakan di Valencia, Spanyol pada November 2022. Di sana mereka akan bertanding dengan para juara MiniGP dari Prancis, Irlandia, Italia, Malaysia, Belanda, Amerika Utara, Portugal, Spanyol, Inggris, Australia, Austria, India, dan Qatar.

"Pembalap muda Indonesia yang juara FIM MiniGP Indonesia Series 2022, juga akan diberi akses khusus untuk mengikuti kejuaraan bergengsi Asia Talent Cup 2023. Begitu pun dengan para pembalap muda FIM MiniGP lainnya yang menjadi juara di masing-masing negaranya, berkesempatan mengikuti talent cup sesuai regional asal pembalap. Penyelenggaraan FIM MiniGP Indonesia Series 2022 merupakan bentuk keseriusan IMI dalam pembinaan berjenjang dengan arah yang sangat jelas. Setelah dari MiniGP, para pembalap muda Indonesia bisa lanjut mengikuti berbagai kejuaraan bergengsi. Seperti Red Bull MotoGP Rookie, Asia Talent, Moto3, Moto2, hingga akhirnya bisa menembus MotoGP," urai Bamsoet.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar itu menerangkan dalam setiap penyelenggaraan putaran FIM MiniGP Indonesia Series 2022, panitia pelaksana dari Sport Talenta Indonesia dan Bekarya Otomotif Sukses akan turut menyelenggarakan Festival MiniGP untuk memeriahkan kejuaraan. Acara tersebut menyajikan experience, hiburan, dan edukasi.

"Antara lain dengan menyuguhkan music performance, aftermarket, game corner, playground area, community meet up, coaching clinic, talkshow, MiniGP Fun Ride, MiniGP Modification, hingga menyuguhkan food and beverage. Sehingga para penonton selain bisa menyaksikan kejuaraan dan mendukung bakat talenta muda balap Indonesia, juga bisa mendapatkan kegembiraan sekaligus pengetahuan tentang perkembangan terkini di dunia balap otomotif," ujar Bamsoet.

(fhs/krs)