Rebut Pole MotoGP Catalunya, Aleix Espargaro: Rasanya Seperti Menang

Okdwitya Karina Sari - Sport
Minggu, 05 Jun 2022 06:24 WIB
BARCELONA, SPAIN - JUNE 4: Aleix Espargaró of Spain and Aprilia Racing in action during the Moto GP Qualifying at Circuit de Barcelona-Catalunya on June 4, 2022 in Barcelona, Spain. (Photo by Joan Cros Garcia - Corbis/Corbis via Getty Images)
Meski meraih pole, Aleix Espargaro menjalani kualifikasi MotoGP Catalunya yang sulit. (Foto: Corbis via Getty Images/Joan Cros Garcia - Corbis)
Montmelo -

Aleix Espargaro mengaku sangat kesulitan sebelum merebut pole position di kualifikasi MotoGP Catalunya. Menurut Espargaro, rasanya seperti memenangi balapan.

Rider Aprilia itu mencatatkan waktu 1 menit 38,742 detik pada kualifikasi di Circuit de Barcelona-Catalunya, Sabtu (4/6/2022). Espargaro mengungguli Francesco Bagnaia dengan selisih hanya 0,031 detik untuk start terdepan pada balapan nanti.

Ini menjadi pole position kedua Aleix Espargaro di MotoGP 2022, usai start di grid pertama MotoGP Argentina pada April silam. Di balapan tersebut Espargaro kemudian tampil sebagai juara.

Namun demikian, Aleix Espargaro mengaku tidak menikmati kualifikasi MotoGP Catalunya 2022. Menyusul kondisi lintasan yang sulit.

"Tadi itu kualifikasi yang sangat, sangat sulit," ucap mantan pebalap Suzuki itu di Speedweek. "Aku bahkan akan mengatakan ini tadi adalah kualifikasi tersulit di musim ini karena lintasannya sangat licin karena panasnya."

"Aku tidak yakin aku bisa melakukan waktu putaran seperti yang sudah kulakukan di FP3 karena waktu di FP3 relatif mudah untukku. Aku hanya membutuhkan ban belakang lunak untuk itu."

"Aku tidak menikmati putaran terbaik kualifikasi ini karena lintasannya betul-betul sangat licin, roda depanku selip dua kali. Aku berisiko highside beberapa kali. Aku sungguh melaju di batas motor tapi memang aku tadi sangat kencang di dua tikungan terakhir."

"Aku sangat gembira ketika aku melihat bahwa kami mendapatkan pole position di balapan kandangku. Saat aku melintasi garis finis, aku mengambil napas dalam-dalam dan berpikir 'Kamu tidak jatuh, kamu berhasil!' Aku lantas melihat P1, dan rasanya seperti sebuah kemenangan. Sejauh ini akhir pekan ini berjalan hebat," cetus Aleix Espargaro usai kualifikasi MotoGP Catalunya.



Simak Video "Begini Jadinya Kalau Pebalap MotoGP Tiru Ibu-ibu Indonesia Naik Motor"
[Gambas:Video 20detik]
(rin/mrp)