Selebrasi Terlalu Dini, Aleix Espargaro Cuma Bisa Minta Maaf

Rifqi Ardita Widianto - Sport
Minggu, 05 Jun 2022 22:00 WIB
BARCELONA, SPAIN - JUNE 05: Aleix Espargaro of Spain and Aprilia Racing at Circuit de Barcelona-Catalunya on June 05, 2022 in Barcelona, Spain. (Photo by Eric Alonso/Getty Images)
Selebrasi terlalu dini berujung petaka buat Aleix Espargaro. (Foto: Getty Images/Eric Alonso)
Jakarta -

Aleix Espargaro tak bisa berkata apa-apa lagi kecuali meminta maaf ke timnya, Aprilia. Kesalahannya berujung sirnanya poin-poin berharga.

Aleix Espargaro hampir saja finis sebagai runner-up dalam MotoGP Catalunya di Circuit de Barcelona-Catalunya, Minggu (5/6/2022) malam WIB. Di putaran-putaran terakhir, ia membendung serangan dari Jorge Martin untuk mempertahankan posisi dua, sementara Johann Zarco turut mengintai.

Tapi petaka untuknya datang di putaran terakhir, tepat setelah melintasi garis start/finis. Ia mengendurkan gas dan mulai menyapa para penonton, padahal balapan belum usai!

Alhasil posisi dua pun lepas dan pada akhirnya mesti puas finis kelima, dengan Fabio Quartararo juara diikuti Martin dan Zarco yang melengkapi podium. Joan Mir finis keempat tepat di depan Aleix Espargaro.

Kesalahan itu membuat Aleix Espargaro kehilangan sembilan poin begitu saja. Seperti diketahui finis runner-up diganjar 20 poin, sementara finis kelima mendapatkan 11 poin.

Padahal dia sedang butuh poin-poin untuk terus mendesak Fabio Quartararo di persaingan gelar juara dunia MotoGP 2022. Kini Quartararo kukuh di puncak klasemen dengan 147 poin, unggul 22 poin dari Aleix Espargaro.

"Saya minta maaf. Cuma itu yang bisa saya katakan, maaf untuk tim saya. Itu sepenuhnya kesalahan saya," ujar pebalap 32 tahun itu dikutip Crash.

Tapi Aleix Espargaro bukan yang pertama melakukan kesalahan semacam ini di MotoGP Catalunya. Kenny Roberts pernah melakukannya pada 2006, juga Julian Simon pada 2009.



Simak Video "Begini Jadinya Kalau Pebalap MotoGP Tiru Ibu-ibu Indonesia Naik Motor"
[Gambas:Video 20detik]
(raw/bay)