MotoGP Catalunya: Alex Rins Kecam Nakagami, Race Direction & Stewards

Rifqi Ardita Widianto - Sport
Senin, 06 Jun 2022 05:00 WIB
BARCELONA, SPAIN - JUNE 5: Alex Rins of Spain and Takaaki Nakagami of Japan falling after crashing during the Moto GP of Catalunya at Circuit de Barcelona-Catalunya on June 5, 2022 in Barcelona, Spain. (Photo by Joan Cros Garcia - Corbis/Corbis via Getty Images)
Alex Rins tersapu oleh Takaaki Nakagami di tikungan pertama MotoGP Catalunya 2022. (Foto: Corbis via Getty Images/Joan Cros Garcia - Corbis)
Jakarta -

Alex Rins kembali gagal finis, kali ini akibat insiden yang dipicu Takaaki Nakagami selepas start. Ia mengecam banyak pihak termasuk Race Direction & stewards.

Alex Rins sudah harus out di tikungan pertama dalam MotoGP Catalunya 2022, Minggu (5/6/2022) malam WIB. Ia tersapu motor Nakagami, yang terjatuh akibat masuk tikungan terlalu deras dan terlambat mengerem.

'Korban' Nakagami bukan cuma rider Suzuki tersebut. Pebalap Ducati Francesco Bagnaia juga jatuh setelah kepala Nakagami membentur ban belakang motornya.

Ini adalah kali kedua beruntun Rins terlibat insiden dengan Nakagami setelah pada MotoGP Italia di Mugello lalu. Kala itu pebalap Spanyol tersebut jatuh usai bersenggolan dengan Nakagami di putaran kedelapan.

Nakagami lanjut balapan pada saat itu. Dua kejadian ini bikin Rins geram bukan main, tapi ia juga makin kesal kepada Race Direction dan Steward yang tak mengambil langkah apapun.

"Well, dengan tulus, pertama-tama saya berharap Taka baik-baik saja karena saya melihatnya di rumah sakit dengan wajah yang sangat buruk. Tapi dia tak bisa begini terus. Dia enggak bisa balapan begini. Dia melewati batas tadi," ujarnya dikutip Crash.

"Tapi hal kedua yang tidak bisa diterima dan enggak masuk akal sama sekali adalah Race Direction, Stewards, bilang tidak ada aksi lebih lanjut soal kejadian di balapan tersebut. Hari ini mereka menunjukkan bahwa Stewards tidak di level MotoGP," imbuh pebalap 26 tahun itu.

Kekecewaan Rins makin menjadi karena pergelangan tangan kirinya cedera, akibat terlempar dari motor dan terhempas ke aspal. Ia menduga tangannya retak dan ini berarti ada potensi ia absen.

"Pastinya saya cedera sekarang. Kami balapan dengan kecepatan 350 km/jam dan ini bukan permainan, oke? Jadi seperti yang saya bilang, mereka (Stewards) tidak di level yang semestinya," sambung Rins.

"Pertama, Taka melintasi trek dengan agak berbahaya. Kalau ada pebalap yang agak dekat dengannya, pasti dia akan menyenggolnya."

"Kedua, dia mengerem sangat terlambat dan ban depan pun hilang cengkeraman. Maksud saya, itu sudah jelas bukan?"



Simak Video "MotoGP Mulai Sepi Penonton, Dorna: Indonesia Penuh!"
[Gambas:Video 20detik]
(raw/bay)