7 Data-Fakta MotoGP Jerman, Honda Dominan

Lucas Aditya - Sport
Kamis, 16 Jun 2022 10:30 WIB
Motorcycling - MotoGP - Pramac Motorrad Grand Prix Germany - Sachsenring, Oberlungwitz, Germany - July 15, 2018   Repsol Hondas Marc Marquez celebrates after winning the race   REUTERS/Fabrizio Bensch
Data-Fakta MotoGP Jerman ada dominasi Honda. (Foto: Fabrizio Bensch/Reuters)
Jakarta -

MotoGP Jerman akan dipentaskan pada akhir pekan ini. Berikut ini data-fakta race yang dipentaskan di sirkuit Sachsenring.

Pada, Minggu (19/6/2022) malam WIB, MotoGP Jerman berlangsung. Race itu akan start pada pukul 19.00 WIB, bisa disaksikan live streaming di detikcom.

Honda dan Marc Marquez mempunyai sejarah bagus di Sachsenring. Baby Alien menjadi pemenang terbanyak di sirkuit ini

Berikut sajian data-fakta mengenai balapan seri ke-10 di MotoGP 2022 ini yang disarikan dari Speedweek.

1. MotoGP Jerman digelar untuk ke-83 kalinya pada akhir pekan ini. Sebanyak 24 di antaranya start di sirkuit Sachsenring. Sirkuit sepanjang 3,671 kilometer itu bertipe counter-clockwise.

2. MotoGP Jerman yang pertama berlangsung di Solitude -lebih dari 400 ribu penonton hadir dalam perhelatan itu.

3. Pada1961, MotoGP Jerman Timur yang pertama digelar di Sachsenring. Saat itu, panjang sirkuitnya 8,7 kilometer. Sampai 1972, MotoGP digelar di Sachsenring.

4. Honda menjadi pabrikan paling sukses di Sachsenring. Pabrikan asal Jepang itu menuai kemenangan 17 kali sejak 1998. Dari 11 kemenangan terakhir pebalap Honda, sembilan di antaranya dicatatkan oleh Marc Marquez.

5. Yamaha sudah lama tak menjadi pemenang di Sachsenring. Rider tim Garpu Tala terakhir yang sukses meraih kemenangan adalah Valentino Rossi.

6. Ducati sekali menjadi pemenang di Sachsenring. Casey Stoner yang menjadi juara pada 2007. Pebalap asal Australia itu meraih kemenangan dari posisi start pertama.

7. Hasil terbaik yang diraih Suzuki di MotoGP Jerman pada musim 1999. Kenny Roberts meraih kemenangan pada saat kelas primer masih 500cc.

Simak juga Video: Fakta Sirkuit Sachsenring, 'Singgasana Favorit' Marc Marquez

[Gambas:Video 20detik]



(cas/krs)