Akhirnya Quartararo Menang di Sirkuit Anti-Clockwise

Adhi Prasetya - Sport
Senin, 20 Jun 2022 05:13 WIB
HOHENSTEIN-ERNSTTHAL, GERMANY - JUNE 19: Fabio Quartararo of France and Monster Energy Yamaha MotoGP celebrates with his trophy during the race of the MotoGP Liqui Moly Motorrad Grand Prix Deutschland at Sachsenring Circuit on June 19, 2022 in Hohenstein-Ernstthal, Germany. (Photo by Steve Wobser/Getty Images)
Quartararo berhasil meraih kemenangan di MotoGP Jerman 2022. Foto: Getty Images/Steve Wobser
Hohenstein-Ernstthal -

Fabio Quartararo meraih kemenangan ketiga di tahun 2022 saat berhasil finis terdepan di MotoGP Jerman. Lebih hebat lagi, ini merupakan torehan terbaiknya di kelas primer saat membalap di sirkuit anti-clockwise.

Sejak debut di MotoGP pada 2019, Quartararo belum pernah menang saat menjalani race di sirkuit anti-clockwise seperti Motorland Aragon, Ricardo Tormo (Valencia), Circuit of the America (Austin), dan juga Sachsenring (Jerman).

Capaian terbaik Quartararo hadir di Valencia 2019 dan Austin 2021, saat ia finis kedua di belakang Marc Marquez yang memang jagonya di sirkuit tipe ini. Sementara di Sachsenring sendiri, posisi terbaiknya diraih saat finis ketiga musim lalu.

Namun pada balapan di Sanchsenring, Minggu (19/6/2022), Quartararo tampil dominan. Start di posisi dua, ia berhasil menyalip Francesco Bagnaia di lap pertama dan sejak itu tak lagi bisa disusul, bahkan unggul nyaris lima detik dari Johann Zarco yang finis kedua.

Hasil ini membuatnya kian kukuh di puncak klasemen sementara musim ini dengan 172 poin, unggul 34 angka dari Aleix Espargaro (Aprilia) yang berada di urutan dua. Ia masih jauh dari gelar juara dunia, namun posisinya saat ini terbilang nyaman.

"Saya merasa lelah. Saya sakit sepanjang akhir pekan, saya masih sedikit batuk saat balapan. Saya tak bisa berkata-kata," ujar Quartararo, dikutip Motorsport.

"Kami memilih tipe medium untuk ban belakang, dan itu amat berisiko dan saat balapan kami beruntung karena bannya aus lebih cepat dari yang kami perkirakan. Tapi saya sangat senang. Ini kemenangan yang spesial, mirip dengan yang di Barcelona," jelas rider Yamaha itu.

(adp/raw)