ADVERTISEMENT

Awas Cedera, Quartararo!

Kris Fathoni W - Sport
Minggu, 26 Jun 2022 22:01 WIB
ASSEN, NETHERLANDS - JUNE 26: Fabio Quartararo of Monster Energy Yamaha MotoGP and France during the MotoGP of Netherlands at TT Assen on June 26, 2022 in Assen, Netherlands. (Photo by Patrick Goosen/BSR Agency/Getty Images)
Fabio Quartararo dua kali jatuh di MotoGP Belanda 2022. Foto: Getty Images/BSR Agency
Jakarta -

Dua kali Fabio Quartararo jatuh di MotoGP Belanda 2022. Momen itu murni kesalahan Quartararo. Ia pun dianggap bermain-main dengan bahaya yang bisa bikin dirinya cedera dan berimbas ke persaingan gelar juara dunia.

Rider Monster Energy Yamaha MotoGP yang juga pemuncak klasemen MotoGP 2022 untuk sementara itu, sekaligus juara bertahan, membuat kesalahan yang berujung pada crash pertama dalam race di sirkuit Assen, Minggu (26/6) malam WIB.

Fabio Quartararo meluncur jatuh dalam insiden lowside, yang turut membuat Aleix Espargaro ikut keluar lintasan. Saat itu kedua rider masih bisa melanjutkan balapan.

"Itu jelas sebuah kesalahan dari Fabio. Ia mencoba masuk dari posisi tertinggal terlalu jauh," kata mantan rider MotoGP Sylvain Guintoli dalam komentarnya di BT Sport.

"Semua orang bisa bikin kesalahan, bahkan orang-orang terbaik sekalipun. Ia dalam posisi melebar, ia tak bisa ke mana-mana. Ia berupaya membelokkan motornya, tapi kehilangan kendali bagian depan," ucapnya.

Setelah itu, Fabio Quartararo terlibat insiden lagi. Saat sedang melaju, ia kehilangan kendali motornya dan terlontar ke udara dalam sebuah kecelakaan highside yang mengakhiri race-nya di MotoGP Belanda 2022.

"Jadi kita sempat mengira Fabio tak terkalahkan, tidak rentan. Tapi ini adalah balapan motor. Anda bisa saja merasa teramat nyaman lalu, dor! Segalanya berantakan," sebut Guintoli.

"Ia bisa saja cedera dalam crash itu, yang mana akan jadi sebuah malapetaka. Musim masih panjang. Masih ada sirkuit-sirkuit tempat Pecco (Bagnaia) tampil prima - Misano, Aragon, dan lainnya. Kalau cedera, ia bakal ketinggalan.
"

(krs/nds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT