ADVERTISEMENT

Lorenzo Sekalipun Kesulitan Jinakkan Honda, Alex Rins Bagaimana?

Okdwitya Karina Sari - Sport
Jumat, 29 Jul 2022 06:20 WIB
JEREZ DE LA FRONTERA, SPAIN - APRIL 29: Alex Rins of Spain and Team SUZUKI ECSTAR speaks to his crew during the free practice session of the MotoGP Gran Premio Red Bull de EspaƱa at Circuito de Jerez on April 29, 2022 in Jerez de la Frontera, Spain. (Photo by Steve Wobser/Getty Images)
Alex Rins menghadapi tren buruk pebalap yang menunggangi motor Honda. (Foto: Getty Images/Steve Wobser)
Jakarta -

Di era Marc Marquez, sejumlah rider termasuk Jorge Lorenzo sulit meraih hasil bagus dengan motor Honda. Alex Rins siap memenuhi tantangan itu bersama LCR pada MotoGP 2023.

Pebalap Spanyol itu dipastikan akan menunggangi motor Honda RC213V setelah digaet LCR. Rins mesti berpisah dengan Suzuki menyusul keputusan mundur pabrikan Jepang itu dari MotoGP akibat krisis finansial.

Pekerjaan menantang dihadapkan kepada Rins. Pasalnya, beberapa pebalap yang menunggangi Honda dari pabrikan yang berbeda gagal meraih sukses. Salah satu contoh yang masih segar di dalam ingatan adalah Jorge Lorenzo.

Berstatus juara dunia MotoGP tiga kali bersama Yamaha, Lorenzo gagal total setelah bergabung Repsol Honda pada 2019. Lorenzo kesulitan finis 10 besar, berulang kali mengalami kecelakaan, dan empat kali finis di luar zona poin dalam 15 start sampai akhirnya memutuskan pensiun di akhir musim.

Pebalap-pebalap setelah Jorge Lorenzo pun mengalami nasib yang tak terlalu baik. Adik kandung Marquez, Alex Marquez, hanya dua kali finis podium kedua dalam 14 seri, dan lima kali gagal mendulang angka karena retired dan finis di luar zona poin.

Pol Espargaro hanya mampu dua kali naik podium sejak bergabung pada tahun lalu. Setelah seri Portugal musim ini, Espargaro semakin meredup setelah pencapaian terbaiknya cuma finis kesebelas dua kali dalam lima balapan terakhirnya.

Alex Rins mengaku bahwa dirinya sempat kepikiran dengan tren buruk tersebut. Namun, Rins akan berupaya keras untuk menaklukkan motor Honda.

"Terus terang, di dalam pikiranku aku menanyakan hal ini," ungkap dia dilansir Motorsport. "Kalau anda melihat masa lalu, Lorenzo ke Honda dan dia sangat kesulitan. Pol telah melakoni beberapa balapan bagus tapi dia sedikit kesulitan."

"Alex Marquez mendapatkan beberapa podium, tapi dia juga kesulitan. Maksudku, aku sangat bersemangat untuk bergabung dengan rencana itu. Pastinya aku tidak berpikiran seperti 'motor ini sangat sulit, jadi kita lihat apa yang bisa kita lakukan.' Aku tidak memikirkan hal ini. Aku cuma ingin menunggangi motornya, berusaha membuat motornya [cocok] dengan diriku dan mendapatkan hasil-hasil bagus," imbuh Alex Rins.



Simak Video "MotoGP Mulai Sepi Penonton, Dorna: Indonesia Penuh!"
[Gambas:Video 20detik]
(rin/mrp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT