ADVERTISEMENT

Dovizioso Akan Pensiun Usai MotoGP San Marino 2022

Okdwitya Karina Sari - Sport
Kamis, 04 Agu 2022 20:23 WIB
ASSEN, NETHERLANDS - JUNE 24: Andrea Dovizioso of Italien, WithU Yamaha RNF MotoGP Team   during the Free Practice prior to the MotoGP of Netherlands at TT Circuit Assen on June 24, 2022 in Assen, Netherlands. (Photo by Hasan Bratic/DeFodi Images via Getty Images)
Andrea Dovizioso akan pensiun setelah MotoGP San Marino 2022. (Foto: DeFodi Images via Getty Images/DeFodi Images)
Silverstone -

Andrea Dovizioso tidak akan merampungkan musim ini. Yamaha memastikan bahwa Dovizioso akan pensiun setelah melakoni MotoGP San Marino 2022.

Pebalap Italia itu sempat rehat setelah berpisah dengan Ducati pada akhir musim 2020. Dovizioso kemudian bergabung dengan Aprilia sebagai pebalap penguji, sebelum direkrut Petronas SRT (nama lama RNF Racing) menggantikan Franco Morbidelli untuk MotoGP musim ini.

Sayang sekali comeback Dovizioso bersama RNF Racing tidak berlangsung manis. Tiga kali runner-up MotoGP tersebut hanya mampu mengumpulkan 10 poin dalam 11 balapan pertama MotoGP. Bahkan finis terbaik Dovizioso cuma posisi 11 di Portugal.

Pada prosesnya, Dovizioso dan RNF sepakat untuk mengakhiri kerja sama mereka lebih cepat. Pebalap berusia 36 tahun itu akan melakoni tiga balapan MotoGP terakhirnya sebelum gantung helm, dimulai dari MotoGP Inggris pada akhir pekan nanti.

"Saya ingin mulai dengan mengatakan bahwa, tentu saja, kita semua sedih karena Andrea akan meninggalkan olahraga ini lebih awal daripada yang disangka. Dia itu nama besar di MotoGP, dan dia akan dirindukan di paddock," ungkap Managing Director Yamaha Lin Jarvis.

"Kami menganggap kami sangat beruntung pada musim lalu karena dia tersedia dan mau bergabung dengan program MotoGP kami ketika Franky pindah ke tim pabrikan Yamaha sehingga menciptakan kebutuhan untuk seorang rider pengganti untuk sisa musim 2021. Kepiawaian, pengalaman, dan sifat metodis Dovizioso yang hebat itu menarik Yamaha dan tim RNF dan proyeknya telah diperbaiki untuk sampai semusim penuh 2022," sambung Jarvis.

"Sayang sekali, Andrea kesulitan untuk memaksimalkan potensi M1 sehingga hasil-hasilnya tidak datang, yang menciptakan rasa frustrasi Andrea yang bisa dipahami. Pada akhirnya selama jeda musim panas, dia mengonfirmasi kepada kami keinginan dia untuk pensiun sebelum akhir musim ini."

"Setelah pembahasan bersama, akan tepat bagi Andrea untuk melakoni balapan terakhirnya di Misano di balapan kandang. Sewajarnya, Yamaha akan terus memberi Dovi dukungan sepenuhnya dalam tiga balapan berikutnya. Sementara itu, mari kita nikmati tiga balapan terakhir dia dan merayakan sebuah akhir karier yang spektakuler di Misano," Jarvis menambahkan tentang Andrea Dovizioso.

(rin/krs)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT